PANGANDARAN – Sebanyak 9 desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Dari seluruh desa yang menggelar Pilkades, tercatat sebanyak 27 Calon Kepala Desa yang sebelumnya telah mengikuti proses tahapan.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran Tjomi Suryadi, mengatakan, seluruh desa yang melaksanakan Pilkades secara teknis sudah siap dalam menjalankan seluruh tahapan.

BERITA REKOMENDASI


“Seluruh Panitia Pilkades telah melakukan segala persiapan secara matang dan menyampaikan aturan dan prosedur kepada para panitia pemilihan, para saksi dalam melaksanakan pencoblosan hingga perhitungan suara,” kata Tjomi, Minggu (2/4/2017).

Tjomi menambahkan, secara umum pihaknya menilai seluruh desa yang melaksanakan pilkades dinyatakan telah siap, hanya ada satu peraturan baru yaitu suara sah dihimpun oleh masing-masing saksi kepala desa pada saat penghitungan, sedangkan aturan lainnya relatif sama dengan pemilihan kepala desa sebelumnya.

“Setiap desa penyelenggara Pilkades menyiapkan TPS berdasarkan jumlah dusun yang ada di desa tersebut agar pelaksanaan berjalan cepat dan lancar,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari mengatakan, dari seluruh desa yang menggelar Pilkades serentak diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala teknis.

“Seluruh Calon Kepala Desa semuanya sudah lolos verifikasi dan para calon semuanya sudah memenuhi syarat dan tidak ada masalah,” kata Adang.

Adang menghimbau, masyarakat yang memiliki hak untuk memilih diharapkan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah disiapkan panitia dengan tertib dan aman.

“Melalui Pilkades serentak ini diharapkan akan menghasilkan para pemimpin desa yang amanah dan bisa mengayomi masyarakat,” tambah Adang.

Sebelum pelaksanaan Pilkades, Pemkab Pangandaran sudah menyalurkan anggaran untuk diberikan kepada panitia penyelenggara, terutama untuk dana operasional keamanan.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan mengatakan, sebelum pemungutan suara Pilkades dirinya telah meninjau beberapa lokasi penyelenggaraan Pilkades.

“Saya harap Pilkades serentak ini bisa berjalan kondusif, semua masyarakat yang memiliki hak menyalurkan suaranya di TPS diharapkan datang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” kata Iwan.

Ditemui terpisah, Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggota Kepolisian untuk pengamanan jalannya Pilkades serentak tersebut.

“Selain aparat Kepolisian dari TNI pun juga berada siap mengamankan Pilkades,” kata Suyadi.

Suyadi menegaskan, pihak Kepolisian maupun TNI sudah menjalankan tugasnya di lokasi masing-masing yang sebelumnya sudah ditentukan. (sym)