Jakarta – Kapal pengangkut sabu sebesar 1 ton yang diselundupkan WN Taiwan ke Indonesia telah diamankan pihak kepolisian. Menurut polisi kapal ini sudah dimodifikasi agar bisa membawa sabu dalam jumlah banyak.

“Normal, cuma ada beberapa space yang memang dimodifikasi untuk khusus membawa sabu. Informasi ini semua berdasarkan kerjasama internasional dan kepolisian Taiwan,” kata Kasubdit III Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudantara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (17/7/2017) malam.

Bambang mengatakan kapal bernama Wanderlust dan berbendera Republik Sierra Leone ini belum memiliki izin berlayar. Meski begitu kapal ini biasa digunakan sebagai kapal pesiar biasa.

“Sampai saat ini kita belum temukan izinnya. Ini kelasnya kapal pesiar yang sudah dimodifikasi,” imbuhnya.

Sementara itu Bambang menambahkan kapal itu masuk ke perairan Indonesia tanpa menggunakan pemandu. “Tidak ada pemandu, semua pure mereka orang Taiwan semua dan memang sudah biasa berlayar,” lanjutnya.

Kapal berbendera Sierra Leone tersebut memiliki dimensi panjang 27,9 meter dan lebar 6,9 meter dengan tonase sebesar 135 MT. Tim saat ini masih berada di Batam untuk menindaklanjuti penangkapan kapal tersebut.

Sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polresta Depok menggagalkan 1 ton sabu yang diselundupkan dari China oleh 4 WN Taiwan. Satu tersangka ditembak mati dalam upaya penyergapan tersebut.

(adf/rna)