Moskow – Sedikitnya 8 orang luka-luka dalam serangan pisau yang melanda kota Surgut yang ada di wilayah Siberia, Rusia. Pelaku penusukan akhirnya ditembak mati oleh polisi setempat.

“Seorang pria berlari di ruas jalan besar sambil menusuk orang-orang,” demikian pernyataan yang dirilis oleh kantor Komisi Penegak Hukum Rusia di wilayah Surgut, seperti dikutip TASS dan dilansir Reuters, Sabtu (19/8/2017)

“Dia (pelaku-red) melakukan serangan kepada para pejalan kaki, memicu luka tusukan pada delapan orang,” imbuh pernyataan itu.

Insiden ini dilaporkan terjadi pada Sabtu (19/8) sekitar pukul 11.20 waktu setempat. Polisi bersenjata segera tiba di lokasi dan menggunakan senjata mereka untuk melumpuhkan pelaku. Kantor Komisi Penegak Hukum Rusia setempat menyebut pelaku penusukan telah tewas.

“Penyerang telah dibunuh,” imbuh pernyataan itu.

“Komisi sedang menyelidiki percobaan pembunuhan,” ucap juru bicara Komisi Penegak Hukum setempat kepada Reuters. Saat ditanya apakah insiden ini terkait terorisme, juru bicara yang enggan disebut namanya itu, menolak berkomentar.

Insiden ini terjadi kota Surgut, wilayah Khanty-Mansi, yang berjarak 2.100 kilometer sebelah timur laut ibu kota Moskow. Dua korban luka dilaporkan dalam kondisi serius, sedangkan lima orang lainnya dalam kondisi stabil.

Pelaku penusukan yang diketahui berjenis kelamin laki-laki, menurut otoritas Khanty-Mansi, telah diidentifikasi dan diketahui mengalami gangguan kejiwaan. Motif penyerangan ini belum diketahui pasti. Otoritas setempat menyerukan agar publik tetap tenang usai insiden ini terjadi.

“Demi ketenangan publik dan juga penyelidikan, warga dan media disarankan untuk menggunakan informasi yang bisa diandalkan dalam menghadapi situasi ini, hingga seluruh fakta terungkap,” tegas otoritas setempat dalam pernyataannya.

(nvc/fdn)