Jakarta – Lewat kuis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagi-bagikan sepeda kayuh untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang menerima sertifikat tanah. Satu warga bernama Maryamah bikin ribuan orang terpingkal-pingkal karena tak mau turun panggung sebelum diberi sepeda oleh Jokowi.

Kuis berhadiah sepeda menjadi hiburan segar untuk tujuh ribu warga Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi yang menerima sertifikat tanah. Lokasi acara berada di Lapangan Park and Ride, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).

“Saya Maryamah dari Tangerang Selatan” kata perempuan yang biasa dipanggil Bu Amah ini.

Dia ditanya Jokowi berapa luas lahan yang tercantum di sertifikatnya. Dia menjawab ada 204 meter persegi. Jokowi mengeceknya di sertifikat, dan benar sertifikatnya menyebutkan luas lahan 204 meter persegi. Lantas Jokowi memulai kuisnya.

“Sebutkan tujuh suku yang ada di Indonesia,” kata Jokowi.

Bu Amah menjawab, Suku Madura, Jawa, Sunda, Batak, Dayak, Bugis, dan Baduy. Lantas Bu Amah bersalaman dengan Jokowi.

Usai salaman, Bu Amah tak segera beranjak dari panggung meski sudah dipersilakan Jokowi. Jokowi hanya diam saja melihat Bu Amah yang berkerudung biru ini. Sekitar 10 detik, tawa membuncah dari ribuan orang yang hadir gara-gara melihat suasana aneh di atas panggung itu, seolah-olah Bu Amah menantikan sesuatu.

“Kok belum balik? Sudah di suruh balik kok,” kata Jokowi.

Bu Amah akhirnya ikut tertawa juga sambil menutupi mulutnya. “Saya dari jauh, Pak,” kata Bu Amah.

“Semua juga dari jauh,” kata Jokowi disambut tawa semua orang.

Memang Jokowi belum menjanjikan sepeda sebagai hadiah kuis ini. Namun berdasarkan berita yang sudah-sudah, memang biasanya kuis seperti ini diakhiri dengan pemberian hadiah sepeda.

“Nah itu sepedanya diambil dulu,” kata Jokowi mempersilakan Bu Amah mengambil barang yang sudah dia nantikan. Tak lama, Bu Amah mengambil sepeda dan menuntunnya melewati depan panggung.

Giliran Basuki dari Cakung Jakarta Timur yang mencoba menjawab kuis. Dia disuruh menyebutkan nama-nama provinsi di Indonesia, namun malah keliru dengan menyebut nama suku.

“Mohon maaf, Pak Presiden. Ingatnya cuma sepeda, Pak,” kata Basuki yang akhirnya berhasil menjawab pertanyaan itu.

Bu Suharti yang punya tanah 165 meter persegi di Kampung Bahagia juga diberi kuis, menyebutkan Pancasila. Suharti lancar dan bernas menyebut lima sila itu. Sepeda Jokowi berhasil dia dapatkan.

Giliran warga Kebayoran Baru bernama Jarwo Susilo disuruh menyebutkan nama 10 pulau di Indosia. Namun Jarwo menyebut Pulogadung yang bukan pulau.

“Itu terminal, bukan pulau” kata Jokowi disambut tawa seisi arena.

Sepeda yang diberikan berjenis sepeda gunung, merek dalam negeri. Di rangka atasnya tertulis ‘Hadiah Presiden Jokowi’.
(dnu/fjp)