//“Tik Tok”, Salah Satu Aplikasi Viral Kids Jaman Now
“Tik Tok”, Salah Satu Aplikasi Viral Kids Jaman Now

“Tik Tok”, Salah Satu Aplikasi Viral Kids Jaman Now

Pada era digital seperti saat ini, manusia memang sangat dimanjakan dengan yang namanya teknologi. Berbagai macam teknologi telah tercipta dengan berbagai fungsinya. Mulai dari fungsi keamanan, fungsi kesehatan, bahkan fungsi hiburan. Membahas teknologi yang berfungsi sebagai ajang hiburan, tentu saat ini saja sudah banyak kita jumpai berbagai jenisnya, bai yang sifatnya teknologi nyata, maupun teknologi yang berbasis aplikasi online. Aplikasi – aplikasi ini pula diciptakan dengan model pengoperasian yang semakin mudah, dengan hasil yang cukup menakjubkan. Sebut saja aplikasi “Tik Tok“.

Saat ini siapa di antara kalian yang tidak tahu dengan aplikasi viral “Tik Tok“? Aplikasi buatan perusahaan teknologi asal negara Singapura bernama Bytemod ini sendiri mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2017 lalu, namun baru “Viral” di kalangan masyarakat utamanya para remaja pada tahun 2018 ini. “Tik Tok” merupakan sebuah aplikasi atau platform video pendek dengan unsur hiburan di dalamnya ini mengajak para penggunanya untuk berkreasi dalam bentuk self-video, ditambah dengan berbagai tambahan menu musik – musik yang membuat penggunanya menari menikmati alunan musiknya. melalui aplikasi yang bisa di unduh baik melalui Playstore (untuk pengguna smartphone Android) dan Apple Store (Untuk pengguna smartphone iOS).

Daftar lagu yang tersedia di aplikasi ini sendiri juga bermacam – macam, mulai dari lagu dari dalam negeri, maupun luar negeri, namun daftar lagu yang ada di aplikasi ini kebanyakan mengusung genre Electronic/EDM, Pop, Hip Hop, dangdut maupun DJ. Beberapa judul lagu yang cukup sering digunakan para pengguna “Tik Tok” antara lain adalah lagu Beware (Big Sean), Bom Clap (Charli XCX), Gucci Gucci (KreayShawn), The Truth of Being SIngle (Tik Tok), All Falls Down (J.Fla), Heartbeat (NightCore) ataupun lagu dalam negeri seperti Goyang Nasi Padang (Duo Anggrek), Anjing Kacili (Bassgilano), Aisyah Jatuh Cinta Pada Jamilah (Akimilaku), dan beberapa lagu lainnya.

Nah, bagi sebagian orang yang baru mengetahui dan penasaran dengan aplikasi ini, tentu akan mulai mengunduh dan mulai berkreasi untuk membuat video berdurasi pendek ciptaan sendiri. Penggunaan aplikasi “Tik Tok” sendiri bisa dikatakan cukup mudah digunakan utamanya bagi para pemula. Hal yang perlu dilakukan pertama tentunya adalah mengunduh aplikasinya, kemudian menekan ikon orang yang berada di bagian pojok kanan untuk mendaftar lewat Instagram, Gmail, ataupun melalui Facebook. Setelah mendaftar, kalian akan mendapati video – video yang sudah dibuat oleh pengguna lainnya, dan untuk membuat kreasi video kita sendiri, cukup dengan menekan ikon (+) atau tanda tambah yang posisinya berada di bagian tengah bawah.

Setelah itu, maka akan muncul beberapa judul – judul musik yang dibedakan menurut kategori masing – masing, seperti lagu Indonesia, dan lain sebagainya. lagu – lagu tersebut bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita untuk membuat video kita terlihat semakin keren. Setelah proses pemilihan lagu selesai, kemudian tekan tulisan “Konfirmasi untuk menggunakan dan mulai merekam”. Lalu, proses selanjutnya kita tinggal melakukan proses merekam video dengan berbagai pilihan fitur kreasi video dan filter efek, dan mode video speed dan slowmotion sesuai yang kita inginkan. Apabila pengaturan keseluruhannya sudah sesuai dengan keinginan, kita tinggal melakukan proses perekaman dengan meng-klik tahan dan video akan mulai terekam. Setelah selesai melihat hasilnya, kita juga bisa langsung mengupload karya kita ke media sosial.

Setelah mengetahui informasi singkat aplikasi “Tik Tok” ini, tentunya kalian semua semakin tertarik untuk mencoba aplikasi ini supaya tidak kalah dengan pengguna lain “Kekinian” yang telah mencobanya, bukan? Tapi ingat sekali lagi, walau aplikasi ini digunakan sebagai wadah hiburan, bukan berarti kita melupakan kebutuhan yang lebih penting lainnya ya? dan usahakan selalu bijak dalam menggunakan teknologi.