//Video Editor, Profesi yang Dianggap Remeh, Namun Vital

Video Editor, Profesi yang Dianggap Remeh, Namun Vital

Gambar terkait
Video Editor. Sumber Gambar : https://www.adslzone.net/app/uploads/2017/07/youtube-video-715×374.jpg

 

Apa yang terlintas di benak kalian tentang video editor ? ngedit video, cutting clip, ditambah transisi, ditambah visual efek. Memang tidak salah sih hal-hal tersebut di benak kalian. Namun, pekerjaan ini tidak asal-asalan dalam melakukan hal-hal diatas tadi. Butuh kecocokan dari segi timing dan berapa banyak penambahannya, serta seberapa bagus nilai estetiknya.

Nah, apa hubungannya dengan judul di atas ? kali ini saya akan memberikan penjelasannya.

Video Editor adalah pekerjaan yang berhubungan dengan dunia audio visual. Dimana dalam pekerjaan ini, kita menyeleksi bagian-bagian dari clip (video) sesuai kebutuhan. Pekerjaan ini memang sebagian besar orang masih menganggap remeh. Namun, dalam dunia yang berkaitan dengan audio visual seperti dunia broadcasting misalnya, pekerjaan video editor ini adalah pekerjaan yang termasuk vital. Karena, jika kita beda 1 detik saja dalam memotong sebuah clip dan digabungkan dengan clip lain, maka ketika ditampilkan, orang yang menontonnya akan memberikan persepsi berbeda pada suatu tayangan berita. Padahal yang sebenarnya tidak seperti itu, apalagi saat mengedit video tipe Soundbite (cuplikan pernyataan dari narasumber). Untuk video tipe Soundbite, lebih baik jangan terlalu banyak diedit, untuk menjaga orisinilitas bukti dari suatu tayangan berita dan menghindari salah persepsi.

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa pekerjaan video editor tidak segampang yang dipikirkan orang-orang. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya. Jadi, jangan meremehkan pekerjaan video editor sebagaimana pekerjaan-pekerjaan lainnya. Tetapi, jika kalian punya passion untuk menjadi video editor, sah-sah saja. Asalkan kalian punya tekad yang kuat, ya tidak apa-apa. Terus asah skill kalian, agar kalian makin professional kedepannya.

085806254848