//YouTube Music, Pesaing Baru Spotify
YouTube Music, Pesaing Baru Spotify

YouTube Music, Pesaing Baru Spotify

YouTube akan merilis layanan music streaming barunya. Layanan yang bernama YouTube Music ini akan dapat kamu nikmati dengan harga $9.99/bulan, harga sama yang ditawarkan oleh pesaingnya, yakni Spotify. Tidak perlu khawatir, akan ada juga versi free nya dengan bantuan iklan.

Meski merupakan anak dari perusahaan besar Google, YouTube Music memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan layanan music streaming lainnya. Berbeda dengan Google Play Music, YouTube Music tidak hanya akan memberikan lagu-lagu resmi. Elias Roman, seorang produk manajer YouTube Music mengatakan bahwa platformnya akan menyediakan remix, cover, parodi, dan video klip yang tidak dapat kamu temukan di layanan music streaming lainnya, termasuk Spotify.

Fitur unik lainnya yang dimiliki YouTube Music yaitu fitur pencarian mirip Shazam, sebuah aplikasi yang mengijinkan penggunanya untuk mencari judul lagu berdasarkan musik yang didengarkan. Namun, YouTube Music dapat melakukannya dengan menggunakan potongan lirik hingga suara-suara natural. Bahkan dalam postingan blognya, Google mengatakan bahwa kamu akan bisa mencari “that hipster song with the whistling”.

Sebagai tambahan, YouTube Red yang merupakan versi berbayar dari YouTube akan dirubah menjadi YouTube Premium dimana pelanggannya akan mendapat layanan YouTube Music sekaligus dengan harga $9.99/bulan untuk pelanggan lama, dan $11.99 untuk pelanggan baru. Platform baru ini kabarnya akan diluncurkan pada 22 Mei 2018 di United States, New Zealand, Mexico dan Korea Utara sebelum dijual di beberapa Negara.