//KKN TEMATIK KERJASAMA DESA PRIORITAS NASIONAL – UPN “VETERAN” JATIM DAN UNESA DI DESA DOMPYONG BENDUNGAN TRENGGALEK

KKN TEMATIK KERJASAMA DESA PRIORITAS NASIONAL – UPN “VETERAN” JATIM DAN UNESA DI DESA DOMPYONG BENDUNGAN TRENGGALEK

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa TImur bersama Universitas Negeri Surabaya melaksanakan KKN Tematik kerjasama Desa Prioritas Nasional TA 2017/2018 di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

Bapak Nur Kholiq selaku Camat Bendungan menerima rombongan KKN Tematik Kerjasama di Balai Desa Dompyong berikut Kades Dompyong Bapak Mulyono bersama Polsek dan Koramil setempat pada tanggal 25 Juli 2018. KKN kali ini adalah KKN Tematik tahun ke-2 sebagai kelanjutan KKN Tematik tahun lalu yang telah berhasil dilaksanakan dengan baik di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. KKN kali ini terbilang istimewa mengingat peserta adalah mahasiswa dari 2 (dua) perguruan tinggi negeri di Jawa Timur yaitu UPN “Veteran” Jawa Timur dan Universitas Negeri Surabaya sebanyak 59 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 (dua) kelompok dimana masing-masing kelompok menangani 2 dusun.

Kelompok 1 terkonsentrasi pada produksi olahan Susu Sapi dan ketela pohon pada Dusun Garon dan Dusun Pakel sedangkan kelompok 2 terkonsentrasi pada Kopi Rakyat Trenggalek pada Dusun Dompyong dan Dusun Tumpakaren. Pada wilayah-wilayah tersebut mahasiswa melakukan sosialisasi dan pendampingan pada kelompok-kelompok tani dan peternak sapi perah dalam rangka meningkatkan produktifitas mereka.

Dalam kesempatan yang berbeda, mahasiswa KKN Tematik Kerjasama juga berperan aktif pada aksi bersih-bersih Kawasan Wisata Coban Rambat berikut penanaman tanaman hias bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia  (FORPIS) Kabupaten Trenggalek dan anggota PMR SMA Negeri 1 Bendungan Trenggalek pada hari Minggu 29 Juli 2018.

Dalam pelaksanaan KKN kali ini, masyarakat dalam hal ini kelompok tani akan mendapatkan bantuan sejumlah mesin pemotong singkong, grinder kopi, thermometer, v60 dripper dan kompor portable.

Hasil kerja mahasiswa selama KKN akan dipamerkan melalui Gelar Produk Olahan Unggulan dan Teknologi Tepat Guna bersamaan dengan acara bersih Desa pada hari Kamis 2 Agustus 2018.