//Startup Binaan Amikom Jadi Finalis Asia Hardware Battle

Startup Binaan Amikom Jadi Finalis Asia Hardware Battle

Ichibot adalah startup binaan Amikom yang merupakan robot mainan edukasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Ichibot, startup binaan Amikom Business Park (ABP), berhasil jadi salah satu finalis Asia Hardware Battle (AHB) region Indonesia. Kompetsi itu rutin diadakan TechNode demi mencari startup terbaik bidang perangkat keras Asia.

Kali ini, terdapat 10 negara-negara yang dipilih TechNode sebagai peserta AHB 2018. Mulai dari Cina, Jepang, Korea, Hongkong, Taiwan, Thailand, Singapura, India, Malaysia dan Indonesia.

Untuk region Indonesia, TechNode bekerja sama dengan Block71 mengadakan tahap pitching final, pada Senin (24/9) di Jakarta. Dalam sesi pitching itu, Ichibot dan sembilan startup lain akan bersaing lewat presentasi.

Nantinya, pemenang dari AHB region Indonesia akan dipilih sebagai perwakilan Indonesia dalam babak grand final yang akan diadakan di Shanghai, Cina. Direktur Amikom Business Park, Asro Nasiri menilai, konsep Ichibot sangat menarik.

“Ichibot merupakan robot mainan edukasi yang mempunyai konsep menyenangkan,” kata Asro.

Ichibot dapat pula digunakan sebagai alat pembelajaran di sekolah-sekolah, kelas-kelas riset dan lab-lab robotik. Ichibot bisa dimainkan segala usia mulai anak-anak, sampai mahasiswa atau mahasiswi.

Bahkan, Ichibot bisa digunakan untuk meringankan pekerjaan bidang industri. Sebelum kompetisi ini, Ichibot sendiri sudah beberapa kali meraih penghargaan dari berbagai kompetisi.

Termasuk, lanjut Asro, ketika robot yang memiliki tagline Mainan Zaman Millenial itu berhasil meraih lima medali dari berbagai pameran robotik. Ada yang di Thailand, Malaysia sampai Singapura.