//Karya Ilmiah Dekan FK Yarsi Diganjar Penghargaan

Karya Ilmiah Dekan FK Yarsi Diganjar Penghargaan

JawaPos.com – Prestasi membanggakan kembali diukir civitas Universitas Yarsi. Kali ini diraih Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Rika Yuliwulandari, Ph.D.

Rika mendapat anguerah Diktendik Berprestasi 2018 menjadi satu di antara delapan finalis untuk kategori Dosen Sains dan Teknologi Berprestasi. Penghargaan diberikan akhir Oktober lalu oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sebelumnya, Rika berhasil menyabet juara pertama pada Pemilihan Pendidik (Dosen) berprestasi tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kemenristekdikti Kopertis wilayah III tahun 2018.

“Prestasi ini membuktikan bahwa dosen universitas swasta tidak kalah mumpuni dan memiliki kompetensi unggul dengan sesama dosen di universitas negeri,” ujar Rika melalui siaran persnya kepada JawaPos.com, Selasa (6/11).

Adapun presentasi karya ilmiah Rika bertajuk ‘Unggul Dalam Mensinergikan Tri Dharma Perguruan Tinggi’. Rika menekankan peran penting seorang dosen dalam ekosistem PT yang sejatinya berperan strategis, dalam misi mulia mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Tidak hanya penguasaan ilmu pengetahuan saja tetapi juga akhlak yang mulia sebagai seorang manusia sehingga dapat membawa perubahan bagi bangsa dan negaranya,” ujar Rika.

“Aktivitas seorang dosen harus inline dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat,” lanjutnya.

Alumni FK Airlangga ini menandaskan pendidikan dan pengajaran bertujuan menghasilkan manusia unggul. Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, kompetensi seorang dosen harus terus ditingkatkan karena akan menentukan kualitas dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut.

“Penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu yang ada di PT juga berperan penting bagi kemajuan bangsa,” pungkasnya.

(yes/JPC)