//Jamal Wiwoho Resmi Jadi Rektor UNS

Jamal Wiwoho Resmi Jadi Rektor UNS

Jamal Wiwoho, resmi dilantik oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode 2019-2023 Terpilih, Jamal Wiwoho, resmi dilantik oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Jakarta pada Jumat (12/4). Pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Rektor UNS Periode 2015-2019, Ravik Karsidi kepada Rektor UNS Periode 2019-2023, Jamal Wiwoho dilaksanakan di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Solo, Senin (15/4).

Dalam sambutannya, Ravik Karsidi mengucapkan selamat kepada Jamal Wiwoho yang telah dilantik menjadi Rektor UNS. Jamal menjadi Rektor yang ke-8 di UNS.

“Saya adalah rektor ketujuh. Saya adalah alumni UNS yang pertama kali mendapat amanah rektor dan sekarang dilanjutkan Prof Jamal yang juga alumni UNS,” terangnya.

Ravik telah menyelesaikan tugasnya sebagai Rektor UNS per 14 April 2019. Dia memimpin UNS selama dua periode. Setelah ini, Ravik akan kembali sebagai dosen biasa di Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan (FKIP) UNS sebagai Guru Besar Sosiologi Pendidikan.

Sementara itu, Jamal menyampaikan selamat dan sukses kepada pendahulunya dimana tercatat banyak prestasi yang diraih UNS semasa kepemimpinan Ravik Karsidi. UNS dianggap berhasil menduduki ranking dari berbagai versi. Di antaranya TOP 200 UniRank 4ICU, ranking 1.678 dunia, ranking 493 di Asia dan ranking ke-8 di Indonesia versi Webomatrics. Selain itu, juga berhasil menduduki ranking 401- 450 versi QS-AUR pada 2018, serta memperoleh tiga bintang/stars versi QS Stars Rating.

Jamal menambahkan, UNS dibawah kepemimpinan Ravik Karsidi juga telah berhasil mempertahankan predikat sebagai institusi terakreditasi A atau Unggul. Dalam hal laporan keuangan, UNS juga berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali berturut-turut dari 2010-2018.

“Ini membuktikan bahwa UNS telah berhasil menjalankan sistem manajemen Tata Kelola Universitas yang baik. Semoga dalam masa empat tahun ke depan, saya dapat menjalankan tugas dengan amanah dan barokah. Saya juga memohon dukungan dan kerja sama semua pihak,” ucap Jamal.