//Pelajar Indonesia Raih Medali Olimpiade di AS

Pelajar Indonesia Raih Medali Olimpiade di AS

Olimpiade ini diikuti oleh 1.400 siswa dari 75 negara di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 21 siswa Indonesia memperoleh medali emas, perak dan perunggu di olimpiade internasional bernama Genius Olympiad di Amerika Serikat. Medali yang diperoleh didapatkan dari tiga bidang kompetisi yakni seni, menulis kreatif, dan bisnis.

Sebanyak 21 siswa tersebut berasal dari Sekolah Kharisma Bangsa tingkat SMP dan SMA. Di dalam olimpiade tersebut, masing-masing siswa membuat karya bertema lingkungan sesuai dengan bidang yang mereka ikuti. 

“Kami mengirim 21 proyek atau 33 siswa, dari 33 siswa, 24 lolos menjadi finalis. Kemudian 22 orang yang konfirmasi untuk ikut final secara langsung di New York. Dari 22 finalis, setelah rangkaian program selama tiga hari, ada 21 peserta yang berhasil mendapatkan award,” kata Aisyah, di kantornya, Jumat (28/6).

Olimpiade ini diikuti oleh 1.400 siswa dari 75 negara di dunia. Dari perolehan medali tersebut, Sekolah Kharisma Bangsa berhasil meraih 14 medali, dua di antaranya adalah emas.

Salah satu peraih medali emas, Reina Kamila Arifin mendapatkan penghargaan atas puisi ciptaannya berjudul ‘Reality’. Puisi tersebut berisi tentang kegelisahannya atas sampah plastik di laut. Ia melihat sampah di Ancol dan di pantai Bali.

Ia berharap dengan karyanya ia bisa ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. “Masyarakat agak kurang disiplin dalam membuang sampah. Sebagai milenial sebaiknya kita mencoba mencari solusi untuk mengatasinya. Tapi karena sudah banyak banget jadi agak susah. Mulai dari diri sendiri,” kata Reina.

Peraih medali emas kedua adalah Siti Halimah. Ia juga memenangkan medali emas atas puisinya yang berjudul ‘The Wildfire Revolt’. Puisinya berisi tentang kebakaran hutan yang sering kali terjadi di Indonesia.

“Saya dapat ide waktu sedang tidak masuk sekolah, di rumah karena sakit. Tidak tahu kenapa pikiran kosong tapi muncul ide itu,” kata Halimah.

Selain meraih medali emas, ada pula peraih medali perak. Peraih medali perak tersebut adalah tim Selma Najma Fiansa dan Fathimah dalam kategori bisnis, serta Nadissa Regina Putri dalam bidang seni.

Sementara itu peraih medali perunggu adalah tim pertama Azfa Ardhi dan Ahmad Kemal Saladin, serta tim kedua Fika Karlin dan Michelle Zahra. Keduanya memenangkan penghargaan dari bidang bisnis. Selain itu, Nabila Azzah Danitry mendapatkan medali perunggu dalam bidang seni.

Peserta lainnya mendapatkan honorable mentions, yakni Nurul Fathiah dalam bidang seni, tim Rayhan Adnan Musthafa dan M Soleh Bagja dalam bidang bisnis, tim Egalita Azzahra dan Az Zahra Khoirurrizqa Fadiya dalam bidang bisnis, Keylana Aretha dan Hanifah Febri Annisa dalam bidang bisnis, Casey Fadhilla dan Cinta Loisa Putri Samad dalam bidang seni, serta M Ilham Khalifah dalam bidang seni.

TAGS: