//Irsyad Al Ghifari, Duta IPB Terpilih OYTW 2019

Irsyad Al Ghifari, Duta IPB Terpilih OYTW 2019

Ia akan mewakili Indonesia di Bali Democracy Student Conference 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Irsyad Al Ghifari, Duta IPB University berhasil meraih prestasi sebagai Best 20 Outstanding Youth for The World 2019. Irsyad terpilih menjadi Outstanding Youth For The World (OYTW)  2019 bersama 19 mahasiswa lainnya dan pada 5-6 Desember nanti akan mewakili Indonesia di Bali Democracy Student Conference 2019. Sebanyak 20  finalis OYTW tersebut merupakan mahasiswa-mahasiswi terbaik dari kampusnya masing-masing dan memiliki beragam aktivitas sosial lainnya. 

Siaran pers IPB yang diterima Republika.co.id, Rabu (3/7) menyebutkan, Irsyad Al Ghifari merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University angkatan 2015. Berbagai prestasi pernah ia raih selama kuliah. Mulai dari menjadi Mahasiswa Inspiratif IPB University 2017, Mahasiswa Berprestasi Utama FEM IPB University 2018, The Most Inspirative Leader Nutrifood Leadership Award 2017, hingga menjadi seorang Duta IPB University pada tahun 2017. 

Siaran pers itu juga menyebutkan, sebagai seorang duta, Irsyad memiliki tanggung jawab penuh untuk meningkatkan citra positif IPB University dan tentu untuk mengajak siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia untuk berkuliah di IPB University. Ia pun turut andil mensoyialisasikan IPB University kepada siswa-siswi SMA di Lampung, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Pada tahun 2019 ini, Irsyad mengikuti seleksi kegiatan Outstanding Youth for The World (OYTW) sekaligus Indonesia-USA 70th Youth Ambassador. OYTW telah diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri sejak tahun 2011 dengan mengirimkan para pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi ke luar negeri, guna memperluas jejaring dan wawasan. Negara-negara yang pernah dikunjungi yaitu Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Kanada, Hongkong, India, Australia. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 548 mahasiswa seluruh Indonesia. “Tercatat, ada tiga tahap seleksi yang dimulai dari seleksi berkas, wawancara, dan terakhir karantina (Psikotes, Focus Group Discussion (FGD), talent show, dan sesi presentasi kelompok),” kata Irsyad.

Kegiatan OYTW tersebut dijadikan oleh Irsyad sebagai ajang untuk memberikan inspirasi kepada anak muda Indonesia bagaimana berkontribusi dalam membangun bangsa. 

“Saya berharap bahwa kami dapat mengemban amanah ini sebagai “wajah” Indonesia dan “diplomat” muda yang mampu mengenalkan Indonesia kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang beragam, bersahabat dan toleran. Selain itu, saya juga berharap kehadiran saya pada kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa IPB University lainnya dan seluruh anak muda di Indonesia,” ujarnya.