//Zamzam Syifa Boarding School Gelar Orientasi Siswa Baru

Zamzam Syifa Boarding School Gelar Orientasi Siswa Baru

Siswa juga melakukan penandatanganan gerakan anti bullying.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Zamzam Syifa Boarding School menggelar masa orientasi siswa baru. Penyelenggaraan MOS di Zamzam Syifa Boarding School diberi nama berbeda, yaitu ZOOM (Zamzam Syifa Orientation Model). Tahun ini merupakan tahun kedua penyelanggaraan ZOOM di Zamzam Syifa Boarding School.

Kali ini diberi nama ZOOM 2.0. Tema yang diambil adalah Bridging You to the Global Future dengan slogan Grown Locally, Glow Globally. Tema itu mencerminkan bahwa kegiatan ZOOM diselenggarakan untuk menjembatani semua siswa dalam meraih masa depan global yang cemerlang.

Selain itu, slogan yang menyertainya bertujuan menjembatani siswa untuk tumbuh dengan optimal di daerahnya lalu kesuksesannya dapat membawanya bersinar hingga ke tingkat internasional, yaitu muda mendunia.

”Kegiatan ZOOM merupakan titik awal kegiatan pembinaan dan pembentukan karakter murid Zamzam Syifa Boarding School tahun ajaran 2019/2020,” ujar Ilmatus Sa’diyah, Guru Bahasa Indonesia ZSBS

ZOOM diperlukan untuk mengenalkan mereka terhadap lingkungannya yang baru di Zamzam Syifa Boarding School. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan ZOOM selama enam hari dari tanggal 1 Juli 2019 hingga 6 Juli 2019.

Kegiatan itu diisi dengan materi yang meliputi sejarah Zamzam, kurikulum, kepesantrenan, motivasi menjadi pribadi yang positif, pembiasaan 5R, sukses hidup betah di pesantren, kemuridan, K3 gedung bertingkat, motivasi menjadi penghafal Aluran. Siswa diberikan motivasi kuliah ke luar negeri, kampanye antinarkoba dan anti perundungan, keorganisasian dan manajemen waktu, serta leadership. Selain materi, siswa baru juga dibiasakan untuk mengikuti kegiatan sehari-hari di boarding, seperti saat tahajud, salat duha, murajaah dan menghafal Quran, puasa Senin dan Kamis, dan membaca zikir pagi dan petang bersama-sama (al matsurat).

Kegiatan seru dan menyenangkan juga dilakukan, seperti games untuk perkenalan antarteman dan guru. Mancakrida (outbound) juga dilakukan, bahkan lokasinya di Gunung Bunder Bogor. Siswa baru diajak camping ground untuk memupuk rasa kesederhanaan dan rendah hati dalam diri siswa.

“Seneng, kegiatannya seru tapi kangen rumah,” ujar Ira, santri akhwat SMP asal Samarinda, Kalimantan Timur.

Begitu juga dengan yang dirasakan oleh Ayang, santri asal Jakarta, kerinduan terhadap rumah masih terbayang. Namun, hal itu menjadi wajar karena secara rata-rata, santri baru Zamzam Syifa Boarding School baru kali pertama bersekolah di boarding.

Rangkaian kegiatan ZOOM ini ditutup di Gunung Bunder dengan pengumuman peserta dan kelompok terbaik selama ZOOM. Siswa terbaik jenjang SMA diraih oleh Muhammad Ikram, sedangkan siswa terbaik jenjang SMP diraih oleh Thio Maharani Grimonia. Siswa teraktif berbahasa Inggris selama kegiatan diraih oleh Salwa Fakhirah (SMA) dan Muhammad Alarick Irham (SMP).

Sementara itu, siswa terdisiplin diraih oleh Yoga Saputra (SMA) dan Putri Syifa Nurani (SMP). Untuk kelompok terbaik dibagi menjadi dua kategori, yaitu kelompok mancakrida terbaik dan kelompok pensi terbaik. Kelompok mancakrida terbaik diraih oleh Kamar Abu Bakar dan Srigala, sedangan kelompok pensi terbaik diraih oleh kamar Usman dan Kamar Khadijah. Semoga juara itu memicu siswa baru menjadi pribadi yang lebih kompetitf dan prestatif.

TAGS: