//Mahasiswa Kampus PTM se-Indonesia Gelar Pekan Seni di UMP

Mahasiswa Kampus PTM se-Indonesia Gelar Pekan Seni di UMP

Pekan seni mahasiswa PTM/PTA ini akan dibuka Rabu (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi tuan rumah pekan seni mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Asyiyah (PTM/PTA). Dalan perhelatan tersebut, ratusan mahasiswa akan mengikuti berbagai jenis pertunjukkan kesenian akan dilaksanakan di kampus UMP. 

”Yang membedakan pekan seni mahasiswa Muhammadiyah dengan mahasiswa lainnya, dalam pekan seni ini kami juga menggelar lomba MTQ. Jadi tidak semata-mata hanya mementaskan bentuk kesenian pertunjukkan,” ujar Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, Selasa (13/8).

Pelaksanaan pekan seni mahasiswa PTM/PTA ini akan dibuka Rabu (14/8). Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMP Aman Suyadi menambahkan, kegiatan Pekan Seni Mahasiswa PTM/PTA se Indonesia, sudah menjadi agenda rutin LSBO (Lembaga Seni Budaya dan Olahraga) yang digelar bersama Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Dia menyebutkan, UMP sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Tingkat Jawa Tengah pada tahun 2016. Acara tersebut dihadiri oleh kontingen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se Jawa Tengah. ”Dari pengalaman tersebut, kami sangat optimistis dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam kegiatan ini,” katanya.

Bersamaan dengan pembukaan Pekan Seni Mahasiswa PTM/PTA ini, para mahasiwa yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air ini, akan memecahkan rekor MURI makan es krim ubi jalar terbanyak. Es krim berbahan baku ubi jalar ini, merupakan karya inovasi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

”Pemecahan rekor MURI ini akan dilaksanakan dengan melibatkan para pelajar, pramuka, dan masyarakat umum,” ucap Anjar Nugroho.

Dia menyebutkan, es krim berbahan baku ubi jalan ini merupakan karya inovasi mahasiswa Fakultas Pertanian UMP. Melalui pemecahan rekor ini, dia berharap es krim berbahan baku ubi jalan dapat makin dikenal masyarakat.

”Es krim berbahan baku ubi jalar ini, memiliki banyak keunggulan dibanding es krim yang kita kenal selama ini. Kalau es krim lainnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, maka es krim dari ubi jalan memiliki kandungan lemak rendah, memiliki kadar serat dan tentu akan lebih menyehatkan,” ujar dia.

Rektor menargetkan, peserta yang akan terlibat dalam pemecahan rekor tersebut dapat mencapai 3.000 orang. ”Selain melibatkan mahasiswa UMP, masyarakat sekitar, dan para pelajar di sekolah sekitar UMP, kami juga akan melibatkan para perwakilan PTM/PTA dari berbagai daerah yang akan mengikuti pekan seni,” katanya.