//Mahasiswa dari Malaysia Studi Banding ke IPB University

Mahasiswa dari Malaysia Studi Banding ke IPB University

Ke depan, diharapkan ada kerja sama antara Fateta IPB dan MSU Sabah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Mahasiswa Management & Science University (MSU) College Sabah,  Malaysia melakukan kunjungan ke Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), IPB University. Kunjungan berlangsung di Ruang Sidang Fateta, Kampus Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Senin  (2/9). 

 “Mahasiswa MSU Sabah melakukan kunjungan ke Fateta untuk studi banding dan leadership management programme. Mahasiswa Malaysia yang datang sebanyak 12 orang. Mereka didampingi dua dosen. Ke depannya saya berharap ada kerja sama antara Fateta dan MSU Sabah Malaysia, salah satunya dengan summer course programme,” papar Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fateta IPB University, Prof  Dr Ono Suparno, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (3/9).

“Kami memilih IPB University sebagai kampus kunjungan karena IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Malaysia dan mempelajari teknologi yang ada di IPB University. Dengan informasi teknologi tersebut, saya berharap mahasiswa kami mempunyai pengetahuan baru. Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) sudah menyediakan fasilitas yang cukup, sehingga mahasiswa sudah siap untuk bekerja di industri begitu lulus,” ujar Kepala Akademik MSU College Sabah, Mr  Anthony Chai.

Mahasiswa yang datang berasal dari jurusan ‘Food Service and Technology’ dan ‘Biomedical Technology’. Setelah mendapatkan pengenalan mengenai Fakultas Teknologi Pertanian dan Departemen ITP, peserta melakukan lab tour dan dipandu oleh beberapa mahasiswa dan dosen ITP IPB University, Dr Dian Herawati. 

Laboratorium yang dikunjungi adalah Laboratorium Evaluasi Sensorik, Mikrobiologi Pangan, Analisis Pangan, Pilot Plant (F-Techno Park), dan SEAFAST Center. Mahasiswa Malaysia juga melihat proses pengolahan kopi dan mencicipi kopi buatan mahasiswa ITP.

Acara kunjungan ditutup dengan pertukaran budaya. Mahasiswa MSU College Sabah membawakan dua tarian khas, yaitu Original Sabahan dan Kurik Kundi. Mahasiswa Fateta IPB University membawakan lagu O Ina Ni Keke, lagu daerah Maluku Utara.