//Si Bima Antar UM Surabaya Pecahkan Rekor Muri

Si Bima Antar UM Surabaya Pecahkan Rekor Muri

Memulai sesuatu yang baru memang sulit. Butuh keberanian. Hal itu yang terus didorong oleh Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya bagi mahasiswa baru dalam kegiatan Mastama, Ordik, dan Expo UKM (MOX).
—-
Tema yang diusung dalam MOX 2019 adalah berani memulai. ’’Sesuai visi besar Muhammadiyah, Islam pro kemajuan. Artinya kita juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi termasuk para mahasiswa baru,” kata Rektor UM Surabaya Dr dr Sukadiono MM.

Keberanian memulai itulah yang mengantarkan UM Surabaya kembali menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Pada pembukaan MOX kemarin (9/9), sebanyak 2.243 mahasiswa baru main bareng game Si Bima (bintang muda) di halaman At-Tauhid UM Surabaya.

Sebelumnya, UM Surabaya juga memecahkan rekor Muri bermain virtual reality terbanyak pada MOX 2018. Gebrakan tersebut menguatkan langkah UM Surabaya menjadi kampus sejuta inovasi. Tidak sampai di sini, Sukadiono sudah mengincar hat trick rekor Muri untuk kali ketiga tahun depan.

Game Si Bima yang diproduksi hanya dalam waktu tiga minggu memiliki konsep layaknya PUBG mobile atau Call of Duty (CoD). Dilengkapi dengan fitur analog dan menu notifikasi untuk menjelaskan detail isi gedung yang dituju.

Poin akan bertambah jika pemain dapat menemukan lokasi penting di area UM Surabaya. Di antaranya, gedung A, gedung G, gedung F, At-Taawun 3.1, At-Tauhid Tower, dan Lab Center Fakultas Teknik.

KOMPAK: Ribuan Mahasiswa baru melakukan koreografi dengan mengusung spanduk raksasa bergambar Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Muhammadiyah 2015-2020 Haedar Nashir. (Andriansyah Poetra/Jawa Pos)

Si Bima merupakan sebutan bagi mahasiswa baru UM Surabaya. Game tersebut dapat diunduh melalui platform marketplace UM Surabaya yakni Mataharimu.com. ’’Kami minta tim humas dan biro kemahasiswaan untuk membuat inovasi baru dalam orientasi kampus yang adaptif dengan perkembangan zaman sehingga ada diferensiasi dengan model ospek lain,” ujar Sukadiono.

Ide, konsep, dan eksekusinya dilakukan oleh tim kreatif MOX di bawah arahan rektorat. ”Kalau tahun lalu menggunakan virtual reality, tahun ini kami ingin inovasi baru lagi. Booming e-sport membuat kami mengeluarkan game edukatif dengan basis pengenalan kampus,” kata ketua SC MOX 2019 UM Surabaya Junaidi Fery Effendi.

Junaidi mengatakan game Si Bima efektif mengenalkan kampus. Timnya melakukan uji coba dengan mencari 10 orang tercepat dalam menyelesaikan tantangan dalam game. Lima orang di antaranya, mampu menyebutkan detail gedung dan ruang apa saja yang mereka temui.

Jabbar Sodik, mahasiswa baru dari prodi S-1 ahwal al-syakhsiyah (syari’ah) menuturkan bagaimana game Si Bima dapat membantu kehidupannya sebagai mahasiswa baru (maba). ’’Maba kan belum mengenal kampus. Dengan game ini, kita bisa mengenal kampus, tahu tempat mana yang harus didatangi ketika harus mengurus administrasi kampus,” tutur Jabbar.

ADAPTIF DENGAN ZAMAN: Mahasiswa baru UM Surabaya menunjukkan game Si Bima. Tim UM Surabaya membuat inovasi baru dalam orientasi kampus melalui teknologi. (Andriansyah Poetra/Jawa Pos)

Mabar game Si Bima dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yang meraih penghargaan Muri ke-9.164 itu diumumkan Senior Manager Muri Awan Rahargo di depan ribuan mahasiswa baru UM Surabaya. Capaian itu disambut dengan tepuk tangan penuh rasa bangga dari civitas academica. Penghargaan tersebut termasuk dalam kriteria superlatif karena melibatkan jumlah peserta terbanyak.

’’Tim Muri telah mem-verifikasi salah satu kegiatan pencapaian untuk kali kedua ditorehkan UM Surabaya dalam rangkaian pelaksanaan program pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Ini adalah pencapaian superlatif dan dicatat sebagai yang terbanyak di Indonesia,” terang Awan.

Dalam rangkaian acara pembukan MOX 2019, ribuan mahasiswa baru juga melakukan koreografi mengantarkan spanduk raksasa bergambar Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Muhammadiyah 2015–2020. Gerakan yang serempak itu diiringi dengan bunyi gendang dan tepuk tangan mulai lambat hingga cepat. Kompak.

Game Si Bima
Dimainkan serempak 2.243 maba UM Surabaya
Memiliki fitur analog
Berisi informasi pengenalan kampus
Diproduksi oleh tim MOX 2019 UM Surabaya
Dikerjakan maraton, hanya dalam waktu 3 minggu

Editor : Mohamad Nur Asikin