//Dubes Saudi Sampaikan Kuliah Umum di UIN Banten

Dubes Saudi Sampaikan Kuliah Umum di UIN Banten

Dubes Saudi memaparkan makalah tentang kerjasama RI-Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG— Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia, Isham Ahmad Abid Ats-Tsaqafy, mengunjungi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Kota Serang, Banten, Rabu (11/9).  

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan tujuan untuk merangsang keinginan belajar mahasiswa dalam hal berbahasa arab.  

“Sengaja kami undang untuk merangsang mahasiswa agar bisa berkomunikasi dengan bahasa Arab melalui kuliah umum yang diberikan Dubes kepada mahasiswa. Juga untuk mengencangkan niat belajar di Arab Saudi,” terang Rektor UIN Banten, Fauzul Iman, Rabu (11/9). 

Kehadiran Dubes Arab untuk Indonesia ini, menurut Fauzul Iman, merupakan kunjungan ini berarti kali ketiga para duta besar sebelum Isham Ahmad Abid Ats-Tsaqofy. 

Dalam kuliah umumnya, Dubes memaparkan makalah ‘Hubungan Diplomatik Indonesia dan Arab Saudi dan Visi 2030.   

Dubes menjelaskan hubungan kedua negara yang menurutnya saat ini berlangsung dengan baik di segala sektor. Paparan makalah dijelaskan dengan Bahasa Arab di depan para mahasiswa UIN Banten. 

“Beliau menjelaskan tentang hubungan Indonesia-Arab Saudi pada pemerintahan Presiden Jokowi secara umum yang dia bilang dalam kondisi baik dan visi hubungan kedua negara hingga 2030,” terang Rektor. 

Direncanakan juga terkait pemberian beasiswa para mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten kedepannya, setelah pada dua tahun sebelumnya puluhan penghafal Alqur’an di kampus tersebut diberi beasiswa pendidikan oleh Dubes Arab Saudi. n Alkhaledi Kurnialam