//UMM Gelar Shalat Gaib untuk BJ Habibie

UMM Gelar Shalat Gaib untuk BJ Habibie

Habibie memiliki andil besar menginspirasi pengembangan Fakultas Teknik UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) meminta para akademisi dan mahasiswa untuk mengadakan salat ghaib atas meninggalnya Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid AR Fachruddin, Malang, Kamis (12/9).

Wakil Rektor II UMM Nazaruddin Malik mengatakan, penghormatan untuk BJ Habibie karena peran terkait terhadap kampus. Habibie memiliki sumbangsih pemikiran besar terhadap perkembangan UMM. Hal ini terutama atas peresmian pendirian Kampus III UMM di Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang.

“Dan Habibie juga punya andil besar menginspirasi pengembangan Fakultas Teknik,” kata Nazaruddin.

Selain itu, Habibie juga pernah meresmikan Masjid AR Fachruddin UMM saat dirinya menjabat sebagai presiden ketiga RI. Masjid ini dibangun pada 1995 lalu diresmikan tiga tahun setelahnya. Masjid dengan dominasi warna putih ini terdiri dari lima lantai yang dimanfaatkan untuk ibadah, kuliah dan perkantoran.

Lebih detail, tempat peribadatan berada di lantai tiga sampai lima. Sementara lantai dua digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium psikologi, tempat wudhu dan aula. Lalu lantai pertama berfungsi sebagai perkantoran, bank, kantin, laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, dan beberapa kantor pusat studi.