//Pertama Dibuka, UT Gratiskan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN
Pertama Dibuka, UT Gratiskan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Pertama Dibuka, UT Gratiskan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

JawaPos.com – Untuk pertama kalinya Universitas Terbuka (UT) membuka seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun depan. Menariknya UT memberikan beasiswa penuh kepada seluruh mahasiswa baru yang diterima melalui jalur tanpa tes tersebut.

Seperi diketahui rangkaian penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dimulai Senin pekan depan (2/12). Yakni dengan dimulainya tahapan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) pada 2 Desember sampai 7 Januari 2020. Selanjutnya tahap pendaftaran SNMPTN 2020 oleh siswa dibuka pada 11-25 Februari. Lalu pengumuman kelulusan SNMPTN dikeluarkan pada 4 April.

Rektor UT Ojat Darojat bersyukur akhirnya UT bisa bergabung dalam sistem SNMPTN. Dia menegaskan bahwa seluruh mahasiswa baru yang lolos SNMPTN di UT akan digratiskan atau diberi beasiswa penuh. ’’Kuota (mahasiswa baru SNMPTN UT, Red) 100 orang. Tidak banyak dulu,’’ katanya di sela pembukaan The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival 2019 di kampus UT Sabtu (30/11).

Ojat mengatakan amanah menjalankan SNMPTN akan dijalankan sebaik-baiknya. Kualitas mahasiswa dari jalur SNMPTN juga akan terus dipantau. Sehingga tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kuota mahasiswa UT dari jalur SNMPTN semakin banyak.

Dia mengatakan ada beberapa ketentuan untuk beasiswa penuh mahasiswa jalur SNMPTN di UT. Diantaranya adalah beasiswa hanya diberikan sampai semester delapan. Kemudian untuk semester awal IPK yang diraih harus 2,75 poin. Kemudian pada semester berikutnya naik menjadi 3,00 poin dan seterusnya.

Menurut Ojat pemberian beasiswa penuh selama menempuh studi sarjana diberikan untuk membuka akses pendidikan tinggi. Dia berharap akses ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Namun pada prinsipnya program beasiswa penuh ini terbuka untuk siapapun. Yang penting masuk melalui saringan SNMPTN.

Untuk sementara program SNMPTN di UT hanya dibuka untuk program studi (prodi) sistem informasi di Fakultas Sains dan Teknologi dan prodi teknologi pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). SNMPTN juga dibuka untuk unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) UT di Serang, Bandung, Pangkalpinang, dan Medan.

Sementara itu setelah penutupan The 1st Universitas Terbuka National Choir Festival 2019 diumumkan kelompok pemenangnya. Peserta dari Universitas Islam Neger8i Sultan Maulana Hasanuddin Banten keluar sebagai juara dengan raihan poin 333,20 poin. Kemudian disusul peserta dari Universitas Pamulang (328,13 poin), UPBJJ-UT Jakarta (322,13 poin), dan Universitas Langlangbuana (311,07 poin).