//Kemenag: IPB Terapkan Pendidikan Kesadaran Beragama sesuai Pancasila

Kemenag: IPB Terapkan Pendidikan Kesadaran Beragama sesuai Pancasila

JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) masih meyakini perguruan tinggi terkemuka di Indonesia masih mengacu pada toleransi beragama sesuai kaidah Pancasila. Salah satunya adalah Instut Pertanian Bogor (IPB) yang selaras dengan tujuan negara.

“Visi misi pendidikan yang dibangun perguruan tinggi itu kan harus selaras dengan tujuan bernegara. Manfaat dari model pendidikannya juga untuk kebaikan negara,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/12).

Kamaruddin mengatakan, untuk perguruan tinggi yang khusus mengajarkan tentang ke-Islam-an juga tidak mungkin memberikan doktrin mengenai radikalisme serta intoleransi. Oleh sebab itu, ucap Kamaruddin, perguruan tinggi seperti IPB amat mustahil menyelipkan pemikiran yang mampu menumbuhkan radikalisasi dalam metode pendidikanya.

“Apalagi perguruan tinggi seperti IPB yang misi pendidikannya ke dunia pertanian Indonesia, masa mengajarkan petani bertindak radikal beragamanya. Tidak ada kaitannya,” ujar Kamaruddin.

Kamaruddin menuturkan, sejauh ini perguruan tinggi di Indonesia, termasuk IPB, masih terarah dengan baik mutu pendidikannya. Meskipun pengawasan ketat di lingkungan pendidikan terkait berkembangnya ide radikalisasi perlu terus diawasi.

Perguruan tinggi, seperti IPB, merupakan basis lahirnya masyarakat intelektual. Sehingga kesadaran beragama kelompok intelektual yang dibentuk oleh pendidikan seperti IPB diyakini untuk menjaga kehidupan harmonis bernegara.