//Dukung Gagasan Merdeka Belajar dari Mendikbud Nadiem Makarim
Dukung Gagasan Merdeka Belajar dari Mendikbud Nadiem Makarim

Dukung Gagasan Merdeka Belajar dari Mendikbud Nadiem Makarim

JawaPos.com – Gagasan Mendikbud Nadiem Makarim tertuang dalam semangat Merdeka Belajar. Di dalamnya termasuk mengganti Ujian Nasional (UN) mulai 2021. Meski memunculkan pro dan kontra, gagasan mantan bos Gojek itu didukung sejumlah sekolah.

Di antara yang memberikan dukungan program Merdeka Belajar itu adalah Sekolah Cendekia Harapan (CH) di Denpasar, Bali. Guru-guru serta pegawai sekolahan mendukung ide dari Mendikbud itu. Bentuk dukungan itu dituangkan dalam aksi bertajuk Siap Merdeka Belajar.

“Aksi deklarasi ini juga melibatkan masyarakat,” kata Ketua Asessmen Sekolah CH Juwaria Muqtadir kepada media Rabu (18/12).

Dia mengatakan keterlibatan masyarakat umum melalui tanda tangan bersama itu bukti bahwa tidak sedikit orang peduli akan kemajuan pendidikan di Indonesia. “Aksi ini dibuat untuk menyadarkan oknum-oknum pendidikan khususnya di Indonesia akan pentingnya peningkatan kualitas SDM,” jelas Juwaria Muqtadir.

Dia menambahkan peningkatan kualitas SDM Indonesia tidak hanya dapat diukur melalui nilai dari sebuah ujian saja. Tetapi dapat dilihat dari penilaian karakter dan kemampuan literasi siswa. Kemudian juga melalui kemampuan numerasi.

“Dengan memiliki SDM yang berkualitas, pendidik serta instansi pendidikan dapat terdorong untuk meningkatkan mutu pembelajaran” kata guru SMP Cendekia Harapan I Gede Saman.

Ketua Pengembangan CH Method, Ni Luh Sekar Astuti mengatakan ada keterkaitan erat sejarah pendirian sekolah Cendekia Harapan dengan semangat pendidikan yang merdeka. Dia menuturkan pada halaman 265 buku Pendidikan karya Ki Hadjar Dewantara, menguraikan dengan jelas bagaimana Dr. Maria Montessori memiliki konsep yang sangat sempurna dalam pendidikan yang memerdekakan.

Hal inilah yang menjadi dasar sekolah Cendekia Harapan untuk meneruskan penelitian dan konsep pendidikan Maria Montessori. Ni Luh Sekar Astuti menjelaskan metode khas CH telah menghidupkan semangat Merdeka Belajar. Dia mengungkapkan guru-guru sekolah CH memiliki keinginan yang kuat untuk meneruskan semangat Ki Hajar Dewantara itu.

Di antaranya dengan prinsip kuat bahwa manusia sesungguhnya memiliki kapasitas yang kuat untuk membangun dirinya. Modal semangat inilah yang menjadi dasar pembentukan metode belajar yang sangat beragam di sekolahnya. Sejak 2017 lalu, CH Method diberlakukan di sekolah Cendekia Harapan.

Metode mengajar dan belajar ini terbukti mampu mendorong terciptanya puluhan karya dan hasilnya sangat memuaskan. Namun dalam pelaksanaannya, kebaruan metode ini masih belum dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat. Sebab semua proses belajar akan berakhir pada UN.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan