//Bilik Disinfektan Hasil Inisiatif Warga Perumahan di Sidoarjo
Bilik Disinfektan Hasil Inisiatif Warga Perumahan di Sidoarjo

Bilik Disinfektan Hasil Inisiatif Warga Perumahan di Sidoarjo

Sumber : Foto Pribadi

 

Penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat di daerah Sidoarjo, Jawa Timur, membuat warga sangat cemas dan khawatir dengan penyebaran virus ini. Salah satu inisiatif yang dilakukan warga di Perumahan Merpati Kehutanan, Sidoarjo, layak di apresiasi yaitu membuat bilik disinfektan semprot. Bilik disinfektan semprot ini dibuat oleh warga perumahan dilakukan secara swadaya dengan mengandalkan dana kas RW (Rukun Warga) dan RT (Rukun Tetangga) serta sumbangan donasi dari beberapa warga perumahan.

Beberapa cara telah dilakukan oleh warga untuk mencegah dan menghentikan penyebaran Covid-19. Sebelum membuat bilik disinfektan, warga Perumahan Merpati sudah lebih dulu membuat area tempat untuk cuci tangan yang berada di pos keamanan gerbang depan dan di pos keamanan gerbang belakang. Selain itu setiap akhir pekan juga dilakukan juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara keliling dengan menggunakan pick up. Tidak hanya itu ternyata cairan disinfektan yang digunakan di bilik maupun penyemprotan keliling adalah hasil olahan pembuatan warga perumahan sendiri.

Peraturan yang dibuat untuk memutus rantai Covid-19 ini adalah mewajibkan warganya atau tamu yang datang akan masuk ke perumahan diarahkan masuk ke bilik disinfektan semprot tersebut. Meskipun bilik tersebut adalah dengan disemprot namun cairan yang keluar volume-nya tidak deras sehingga tidak membuat orang yang masuk di bilik tersebut sampai basah. Pembuatan chambe atau bilik disinfektan ini memanfaatkan berbagai bahan yang ada dilingkungan sekitar contohnya seperti besi, skrup, kayu, paku serta adaptor. Sedangkan dana yang diperlukan untuk pembuatan bilik disinfektan ini hanya Rp. 2.000.000,-.

Warga di Perumahan Merpati berharap pandemi virus Covid-19 ini bisa segera berakhir dan membuat warga untuk bekerja dan beraktifitas diluar rumah agar tidak cemas lagi. Dengan adanya bilik disinfektan ini diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 serta warga perumahan juga tidak ada yang terjangkit virus ini.