//COVID-19 Pengaruhi Industri Musik? Konser Digital Solusinya.
COVID-19 Pengaruhi Industri Musik? Konser Digital Solusinya.

COVID-19 Pengaruhi Industri Musik? Konser Digital Solusinya.

Source : youtube.com/asumsi

Mulai pertengahan maret lalu pemerintah memberi anjuran kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Anjuran ini merupakan upaya untuk mengurangi penyebaran virus Corona yang sedang mewabah sejak awal bulan maret kemarin. Hal ini tentunya mempengaruhi beberapa kegiatan masyarakat indonesia yang identik dengan kegiatan outdoor dan keramaian, salah satunya yaitu konser musik. Dengan penyebaran virus Corona yang semakin meningkat dan munculnya tagar #DiRumahAja membuat penyelenggara konser musik di tanah air terpaksa membatalkan acara mereka.Namun hal ini langsung ditanggapi dengan cepat oleh beberapa pihak dengan menyelenggarakan Konser Digital.

Salah satu perusahaan yang paping cepat menanggapi isu ini yaitu Asumsi.co. Asumsi merupakan  sebuah media daring yang berfokus pada pembahasan politik, current affairs, dan budaya pop. Asumsi memang sedari awal terbentuknya telah memanfaatkan dunia daring dalam hampir seluruh kegiatanya. Dengan menggandeng musisi yang sedang naik daun yaitu “Pamungkas” , Asumsi menjadi penyelenggara Konser Digital pertama pasca virus Corona pada tanggal 21 Maret 2020. Menggunakan tajuk “Jauhan Sejenak” Asumsi sukses memberikan tontonan untuk penikmat musik tanah air, konser digital ini sendiri disiarkan menggunakan kanal youtube Asumsi.co.

Hanya berselang satu hari, konser digital lainya kembali dilakukan. Kali ini PT Nojorono Tobacco International setelah sebelumnya membatalkan penyelenggaraan event Authenticity yang menghimpun massa penonton dalam skala luas dan menggantinya dengan kegiatan serupa via streaming yang mereka sebut dengan Authenticity From Home. Berbeda dengan Asumsi yang menggunakan kanal youtube mereka, Authenticity memilih memanfaatkan situs web mereka untuk melakukan streaming. Kegiatan ini meliputi Authenticity from Home dengan menggaet  Reality Club pada tanggal 22 Maret 2020 dan juga Authenticity From Home Festival yang diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Maret 2020 dengan berbagai bintang tamu pemusik nasional.

Seolah tidak mau kalah, Narasi.tv sebagai new media berbasis digital juga turut menyelenggarakan konser digital. Tak tanggung tanggung mereka menggaet beberapa musisi top tanak air seperti Noah, Kunto Aji, Hindia dan masoh banyak lagi. Konser digital ini sendiri diselenggarakan pada tanggal 25-28 Maret 2020. Dengan situasi saat ini, bukan tidak mungkin akan semakin banyak lagi konser digital yang akan diselenggarakan kedepanya. (aht)