//Takut Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Selama WFH?? Tenang, Ada Aplikasi Canggih yang Dapat Dimanfaatkan
Takut Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Selama WFH?? Tenang, Ada Aplikasi Canggih yang Dapat Dimanfaatkan

Takut Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Selama WFH?? Tenang, Ada Aplikasi Canggih yang Dapat Dimanfaatkan

sumber :  https://unsplash.com/photos/Ib2pdxR8fY0

Surabaya, Aktual.co.id – Kebijakan Work From Home (WFH) menjadi sebuah batasan bagi masyarakat untuk beraktivitas karena dihimbau untuk tidak keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat. Hal ini merupakan keputusan terbaik yang bisa dilakukan demi mencegah penularan virus corona di Indonesia. Masyarakat dipaksa beradaptasi melakukan segala sesuatu secara online. Mulai dari meeting online, kuliah online, dan pengerjaan tugas secara online.

Bagi sebagian orang,bekerja dari rumah memang sudah menjadi aktivitas biasa, namun masih banyak juga pekerja yang belum benar-benar siap untuk beralih dari tatap muka menjadi komunikasi jarak jauh menggunakan teknologi digital yang ada. Ditengah keterbatasan selama WFH, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang membantu pemenuhan kebutuhan mereka tanpa harus keluar dari rumah.

Contohnya aplikasi Halodoc yang membantu permasalahan kesehatan seperti membeli obat dan konsultasi dengan dokter, Tokopedia dan Shopee untuk jual beli beragam kebutuhan masyarakat, Grab dan Gojek membantu permasalahan transportasi serta pengantaran makanan, aplikasi Ummah untuk keagamaaan, aplikasi Riliv untuk melakukan meditasi dan konsultasi psikolog secara online, dan masih banyak lagi.

Dengan pengalihan aktivitas secara online serta didukung dengan aplikasi-aplikasi yang bagus dan penggunaan yang mudah, diharapkan masyarakat lebih nyaman selama kebijakan WFH ini tanpa bingung bagaimana untuk memenuhi  kebutuhan mereka.

Menurut Esmeralda, sebagai mahasiswi asal Surabaya yang ikut terdampak melakukan kebijakan WFH mengatakan bahwa belanja online merupakan satu-satunya jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan selama physical distancing.

“Menurutku karena anjuran melakukan physical distancing menyadarkan bahwa virus corona ini bukan main main dan dampaknya sangat membahayakan. Sekarang mau kemana-mana jadi takut, tapi kebutuhan gabisa berhenti. Jadi pilihannya ya cuma bisa belanja online.”

Selain itu Anindya Nur Ramadhani mahasiswi lainnya yang juga terdampak kebijakan WFH mengatakan bahwa adanya aplikasi menjadi bermanfaat banget dalam pemenuhan kebutuhan bahkan intensitas dalam melakukan belanja online mengalami peningkatan selama kebijakan WFH dilakukan.

“Menurutku aplikasi-aplikasi yang ada saat ini ngebantu banget khususnya buat kita yang cuma bisa dirumah aja karena praktis banget, tinggal buka aplikasi terus cari yang di mau deh. Bahkan semenjak virus corona ini intensitas pemesanan aku di online gitu jadi meningkat banget kaya grabfood sama tokopedia aku bisa pesen dua kali dalam seminggu padahal biasanya gak rutin sekali seminggu.”

“Mungkin faktor yang bikin intensitas pemesanan aku naik karena pertama kita kan gabisa kemana mana jadi pake jasa delivery kalau mau beli apa apa, di rumah juga terkadang bosan jadi suka iseng buat beli sesuatu gitu, apalagi kalau grabfood aku jadi sering pesan karena kepengen ngemil.” Anindya menambahkan.

Nah, readers jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang sekarang ini emang benar-benar bagus dan praktis serta yang paling penting dapat membantu kita dalam beraktivitas serta memenuhi kebutuhan yahh. Eitss, tapi inget! jangan sampai kita menjadi berlebihan dan malah jadi konsumtif yah readers, misalnya kita udah kenyang makan di rumah ehh kita pesan makanan banyak banget di aplikasi online, nanti jadi mubazir dong hehe. Selalu manfaatkan sesuai kebutuhan bukan keinginan yahh.