//Lawan Wabah Corona, Warga Desa Tanggulunan Sidoarjo Bentuk Tim Pemuda Tanggap Covid-19
Lawan Wabah Corona, Warga Desa Tanggulunan Sidoarjo Bentuk Tim Pemuda Tanggap Covid-19

Lawan Wabah Corona, Warga Desa Tanggulunan Sidoarjo Bentuk Tim Pemuda Tanggap Covid-19

 

Reporter : Syahrial Agung Kurniaji

Sidoarjo – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam aliansi Pemuda Tanggap Covid-19 desa Tanggulunan, kecamatan Candi Sidoarjo melakukan aksi penyemprotan perumahan warga menggunakan cairan desinfektan untuk mencegah penularan virus corona. Diketahui kelompok pemuda tanggap Covid-19 desa Tanggulunan ini mulai terbentuk sejak bulan maret 2020 yang memiliki visi untuk memastikan desa Tanggulunan tersterilkan dari wabah virus mematikan tersebut.

Menurut Yoga, salah satu anggota pemuda tanggap Covid-19 desa Tanggulunan, menyampaikan bahwa telah terjadi keresahan masyarakat karena adanya laporan bahwa ada satu warga desa Tanggulunan baru saja kembali dari Negara Malaysia dan empat warga desa yang baru saja kembali dari Jakarta, sehingga aksi ini selain untuk mengurangi kecemasan warga juga untuk memastikan tidak ada virus yang masuk ke area permukiman warga.

Proses Penyemprotan di rumah warga
Sumber : Arsip Pemerintah desa

Ia menuturkan, penyemprotan  telah dimulai sejak akhir bulan maret 2020 , kawasan yang penyemprotan meliputi seluruh bagian rumah-rumah warga baik halaman maupun dalam rumah dan penyemprotan intensif dilalukan pada rumah warga yang diketahui baru saja pulang dari perantauan tersebut.

Yoga juga menyampaikan, karena menipisnya jumlah alat perlindungan diri (APD) yang tersedia membuat ia dan kelompoknya terpaksa menggunakan jas hujan sebagai alat perlindungan diri. “Berhubung ini (APD) alat pelindung diri itu pihak rumah sakit lebih membutuhkan jadi kami tim tanggap covid menggunakan jas hujan, yang penting kalo terkena semprotan di tubuh tidak sampai gatel-gatel” ujarnya. (SYH)