//Bahaya Bagi Kesehatan, Basmi Virus Menggunakan Dettol di Campuran Aroma Diffuser!
Bahaya Bagi Kesehatan, Basmi Virus Menggunakan Dettol  di Campuran Aroma Diffuser!

Bahaya Bagi Kesehatan, Basmi Virus Menggunakan Dettol di Campuran Aroma Diffuser!

Sumber Foto : Pinterest/Huusvantruus

Surabaya, Aktual.id – Wabah virus Corona yang pada awalnya muncul di Wuhan ini mampu membuat warganet khawatir. Banyaknya pihak yang mencari tahu cara untuk membunuh virus Corona penyebab wabah ini nih, readers. Cairan antiseptik pun marak menjadi sasaran buruan masyarakat untuk menghindari paparan virus tersebut, yang menyebabkan kesulitan untuk mendapatkan cairan antiseptik di pasaran akhir-akhir ini.

Virus Corona yang menyebar di seluruh dunia ini lantas membuat masyakat menjadi rajin menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Persediaan produk pembersih tangan menjadi langka, baik melalui toko online ataupun offline. Jika tersedia, harganya yang dipatok sangat mahal dari harga normal, loh readers.

Salah satu produk yang diklaim bisa membunuh virus Corona adalah cairan antiseptik Dettol. Dilansir melalui Kompasiana.com, (20/4/2020), saat ini sedang terjadi fenomena yang ramai beredar di sosial media tentang tutorial membuat cairan antiseptik sendiri di rumah alias homemade.

Di laman resminya, https://www.dettol.co.uk, tertera cairan antiseptik diklaim dapat membunuh kuman penyebab penyakit. Namun, jangan sembarangan pakai ya, karena ternyata cairan ini hanya digunakan pada pemakaian luar saja nih, readers!

Dilihat dalam laman resmi Dettol menganjurkan penggunaan cairan antiseptik  sebagai berikut:

  1. Keperluan P3K, untuk membersihkan luka luar.
  2. Melindungi dari infeksi luka, lecet, dan gigitan serangga.
  3. Menghilangkan Ketombe.
  4. Merawat Jerawat dan Bisul.
  5. Pengganti Cairan Disinfektan.

Penggunaan cairan ini juga dianjurkan agar tidak memakainya secara langsung ya readers, melainkan harus melarutkannya bersama dengan air!

“Dettol membunuh virus Corona, apa benar Dettol bisa menghilangkannya?” ungkap beberapa rekan mahasiswa melalui wawancara kami.

Sumber Foto : Pinterest/VectorStock

Dikutip dari laman Tempo.co, (19/4/2020), WHO (World Health Organization) menerapkan enam langkah hand hygiene yang wajib dilakukan. Paling efektif, tidak perlu pakai sabun tertentu, yang penting seluruhnya dilakukan dengan benar sudah cukup membunuh virus. Ini termasuk menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, sisi-sisi jari, daerah ibu jari dan kuku-kuku jari. Adapun waktu cuci tangan yang disarankan berdasarkan Center for Disease Control and Prevention yakni selama 20 detik.

Dettol antiseptik merupakan cairan yang seharusnya tidak menjadi aroma diffuser ruangan. Lantas apa bahayanya bagi kesehatan jika Dettol dijadikan sebagai air humidifier atau aroma diffuser yaa? Nah, berikut penjelasannya!

Cairan Dettol antiseptik memiliki kandungan utama yaitu; chloroxylenol, pine oil, dan castor oil. Apalagi, salah satu zat aktifnya mengandung chloroxylenol ini dapat membuat mukosa saluran pernafasan menjadi iritasi loh, readers. Zat itu diusahakan jangan sampai pemakaian terkena sekitar mata, apalagi tertelan ya. Dettol ini juga tidak dianjurkan untuk yang memiliki eksim dan kulit sensitif juga.

Ditambah, kandungan chloroxylenol yang ada pada cairan antiseptik ini bahkan menimbulkan efek hipersensitif, yang dimana perubahan warna; kulit, ruam, iritasi, dan kulit seperti terbakar.

Untuk menjaga diri dari virus Corona ini, cukup dengan rajin cuci tangan, menjaga imunitas tubuh, serta physical-distancing atau #dirumahaja. Jika ingin menggunakan Dettol, sebaiknya gunakanlah Dettol antiseptik yang sesuai petunjuk pemakaian yang ada pada kemasannya yaa readers!

Selain itu, kita sebagai masyarakat harus pintar-pintar dalam menyaring informasi mengenai virus Corona yang bertebaran di sosial media yaa!

Nah, itu dia saran penggunaan cairan antiseptik yang benar. Jangan sampai salah dalam menggunakannya ya, karena pemakaian cairan antiseptik yang salah dapat membahayakan kesehatan seperti yang tertera di atas. Sehal selalu readers!