//Siap Siaga Covid-19 ! UPTD Puskesmas Kayen Kidul Lakukan Ledang 7 Desa

Siap Siaga Covid-19 ! UPTD Puskesmas Kayen Kidul Lakukan Ledang 7 Desa

Petugas UPTD Puskesmas Kayen Kidul ketika akan melakukan kegiatan ledang di tujuh desa bersama jajaran TNI dan POLRI.(Foto: Dokumentasi pribadi/Nursha Dwi)

Merebaknya pandemi Covid-19 membuat UPTD Puskesmas Kayen Kidul Kabupaten Kediri, Jawa Timur melakukan langkah konkret untuk pencegahan virus ini. Pencegahan dilakukan melalui penerapan sistem siap siaga dengan melakukan gaya hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan.

Petugas UPTD Puskesmas Kayen Kidul, Intan Perdanawati saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, mengatakan kegiatan siap siaga ini diterapkan guna mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, Selasa (7/4/2020).

“Petugas puskesmas mengawali upaya siap siaga Covid-19 dengan melakukan kegiatan ledang yakni keliling di tujuh desa menggunakan mobil beserta pihak keamanan dan jajaranya, dalam rangka menghimbau supaya masyarakat tidak panik dan khawatir, tetapi tetap waspada.  Masyarakat diharapkan untuk selalu mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah dengan menerapkan etika batuk yang baik dan benar, serta perilaku hidup bersih dan sehat. Kepatuhan lainnya yaitu menghindari kerumunan atau keramaian, olahraga teratur, makanan dengan gizi seimbang, memasak makanan hingga benar-benar matang, jaga jarak, dan apabila interaksi sosial mendesak maka usahakan memakai masker. UPTD Puskesmas Kayen Kidul juga menyiapkan wadah cuci tangan dan cairan antiseptik bagi para pasien dan wajib juga untuk cuci tangan pakai sabun serta memakai antiseptik sebelum mereka menerima pelayanan di UPTD Puskesmas Kayen Kidul. Pihak puskesmas juga melakukan penyemprotan disinfektan yaitu sebelum jam pelayanan dan pada waktu jam puskesmas tutup. Sikap siap siaga juga terlihat saat petugas puskesmas memakai APD (Alat Pelindung Diri) untuk memberikan pelayanan skrining awal di loket. Selain itu pasien hanya diperbolehkan diantar oleh maksimal satu pengantar saja  dan mewajibkan baik pengantar maupun pasien wajib memakai masker.” ujar Intan.

Selain penerapan upaya siap siaga di atas, penerapan social distancing juga dilakukan dengan memberikan tanda “X” di setiap tempat duduk antrian dengan jarak 1 meter antara pasien satu dengan lainnya guna mencegah penularan wabah Covid-19.

Intan menambahkan, “Pihak puskesmas juga menyediakan tempat duduk khusus untuk pasien yang memiliki gejala seperti flu, demam dan sejenisnya.”

UPTD Puskesmas Kayen Kidul juga melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak yakni, Kepala Desa, Toga, Tomas, dan Ramil.

Warga sekitar melakukan cuci tangan saat berkunjung di Puskesmas Kayen Kidul. (Foto: Dokumentasi pribadi/Nursha Dwi)

 

 

 

 

 

 

 

 

Suasana social distancing di lingkungan puskesmas memperlihatkan peengunjung duduk dengan jarak 1 meter. (Foto: Dokumentasi pribadi/Nursha Dwi)