//Aksi Sosial Sangat Diperlukan Saat Pandemi Covid-19
Aksi Sosial Sangat Diperlukan Saat Pandemi Covid-19

Aksi Sosial Sangat Diperlukan Saat Pandemi Covid-19

 

Reporter : Syahrial Agung

Sidoarjo – Komunitas yang menamakan dirinya “Kecil bergerak” melakukan aksi sosial pada awal April lalu, untuk membantu masyarakat kecil ditengah situasi pandemi COVID-19 dengan mebagikan sejumlah sembako dan air bersih di kawasan Waru, perbatasan Surabaya-Sidoarjo hingga Porong. Aksi ini berawal dari keprihatinan terhadap dampak wabah COVID-19 yang dirasakan oleh tenaga kerja informal , pegiat UMKM dan pedagang kecil lainnya yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan mereka dan sektor-sektor industri kecil menengah yang mati.

Menurut Ardi, salah satu pengurus komunitas yang berdiri sejak empat tahun yang lalu ini, barang-barang yang didonasikan juga berasal dari bantuan para dermawan yang telah dihimpun sebelumnya. Selain melakukan kegiatan sosial, komunitas “Kecil-bergerak” juga bersedia untuk menyalurkan bantuan dari donatur yang telah megirimkan bantuannya melalui Kitabisa.com.

Gambar : Pemberian bantuan oleh komunitas “Kecil Bergerak”                                                                                      Sumber : Arsip internal komunitas “Kecil Bergerak”

Ardi juga menambahkan, Ia ingin mengawal bantuan-bantuan yang telah diberikan untuk kawasan Sidoarjo, dapat tersampaikan kepada target-target yang benar-benar membutuhkan. Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan bantuan dan masyarakat yang membutuhkan dapat menerima hak-hak mereka. “kami harap bantuan-bantuan itu sampai jelas, ada pengawalan termasuk dari kita akan mengawal bantuan itu di Sidoarjo sendiri. Kami harap titik-titiknya jelas, bantuan itu tidak dimainkan, jadi yang membutuhkan akan mendapatkan hak-haknya. Seperti itu.” Kata Ardi. (SYH)