//PSBB Mulai Diterapkan Di Jawa Timur, Begini Tanggapan Masyarakat.
PSBB Mulai Diterapkan Di Jawa Timur, Begini Tanggapan Masyarakat.

PSBB Mulai Diterapkan Di Jawa Timur, Begini Tanggapan Masyarakat.

 

Reporter : Jessica Charisma

Jawa Timur – Setelah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama tiga kepala daerah lainnya, Sidoarjo , Gresik dan Surabaya menyepakati diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) demi memutus rantai penularan COVID-19 di kota Surabaya dan daerah-daerah penyangganya, mendapat berbagai macam respon dari masyarakat. Utamanya masyarakat yang tinggal diketiga daerah tersebut.

Mayoritas masyarakat meyatakan dukungannya terhadap  tindakan yang disepakati oleh pemerintah daerah tersebut. Namun ada pula sebagian dari mereka yang mengungkapkan tindakan ini sebenarnya cukup  terlambat. Aksi dukungan diungkapkan oleh Jeannete, warga sidoarjo yang wilayahnya juga masuk dalam area yang diberlakukan PSBB. Menurutnya keputusan yang diambil pemerintah sangatlah tepat, karena dapat memudahkan upaya pemutusan penularan COVID-19 yang ada si Surabaya dan sekitarnya. Ia juga berharap aksi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya COVID-19 dan dapat memutus rantai penularannya. “harapan saya supaya masyarakat lebih aware terhadap wabah ini, wabah ini adalah masalah serius” Ujar Jeanette.

Dukungan serupa juga di ungkapkan oleh Hani dan Vanessa, warga Sidoarjo yang wilayahnya juga masuk dalam kawasan PSBB. Tidak jauh berbeda dengan Jeanette, mereka mengungkapkan dukungan terhadap kebijakan pemerintah provinsi Jawa Timur yang mereka nilai sangat tepat untuk menangani wabah virus ini. Harapan yang mereka sampaikan adalah, dengan diberlakukannya PSBB di kawasan Surabaya dan daerah-daerah sekitarnya dapat mempercepat penanganan dan menekan angka penularan COVID-19.