//5 Macam Buah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

5 Macam Buah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

pexels.com/JackSparrow

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting saat ini terutama dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19. Daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari ancamana berbagai virus dan penyakit. Selain mengonsumsi suplemen vitamin, dan rempah-rempah, Anda juga dapat mengonsumsi buah- buahan di bawah ini. Berikut adalah buah-buahan untuk menambah daya tahan tubuh Anda :

1. Pepaya
Papaya merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencukupi 224 persen dari jumlah vitamin C harian. Buah ini memiliki enzim pencernaan yang disebut papain, yang dapat membantu tubuh melawan peradangan. Kadungan kalium, vitamin B dan asam folat pada papaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menambah daya tahan tubuh Anda.

2. Jeruk
Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini merupakan nutrisi penjaga daya tahan tubuh. vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas untuk memerangi infeksi pada tubuh. Hampir semua jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh, baik itu jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, serta clementine.

3. Kiwi
Secara alami buah kiwi memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh. Nutrisi tersebut didapat dari kandungan folat, kalium, Vitamin K, serta Vitamin C yang ada pada buah kiwi. Nutrisi tersebut berfungsi menjaga organ-organ tubuh bekerja dengan baik. Selain itu Vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih demi menghindarkan tubuh dari infeksi.

4. Blueberry
Blueberry mengandung jenis flavonoid yang disebut anthocyanin. Kandungan ini bersifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengutip Medical News Today, sebuah studi pada 2016 mencatat bahwa flavonoid
berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti
menemukan, orang yang kaya asupan flavonoid lebih kecil kemungkinan terserang infeksi
saluran pernapasan atas (ISPA).

5. Semangka
Sebagai buah yang menyegarkan ketika dikonsumsi, semangka juga kaya akan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. senyawa antioksidan yang terdapat pada semangka disebut sebagai glutathione.
Senyawa glutathione ini merupakan nutrisi penting yang dapat Anda dapatkan dengan memakan bagian daging merah yang paling dekat dengan kulitnya. Konsumsi buah semangka sangat bermanfaat dalam menghadapi tuntutan untuk selalu

pexels.com/JackSparrow

meningkatkan daya tahan tubuh seperti saat ini.