//Kasus Positif Corona DKI Melandai, Mahfud MD: Covid-19 Diprediksi Berakhir di Bulan Juli
Kasus Positif Corona DKI Melandai, Mahfud MD: Covid-19 Diprediksi Berakhir di Bulan Juli

Kasus Positif Corona DKI Melandai, Mahfud MD: Covid-19 Diprediksi Berakhir di Bulan Juli

Surabaya, Aktual.id – Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyebut kasus Corona di DKI Jakarta sudah mengalami perlambatan dan mulai flat atau datar. Doni mengatakan perkembangan positif ini terjadi berkat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di Jakarta mulai 10 April lalu.

Perkembangan baik dalam upaya menekan laju penyebaran virus Corona di DKI Jakarta ini disampaikan Kepala Gugus Tugas, Doni Monardo, usai ratas, pada Senin (27/4/2020).

“Kami jelaskan juga khusus DKI, perkembangan yang terakhir kasus positif telah mengalami perlambatan yang sangat pesat dan saat ini sudah mengalami flat,” kata Doni.

Berdasarkan data Senin 27 April 2020 pukul 10.30 WIB, kasus positif Corona di DKI Jakarta mencapai 3.832. Jumlah tersebut bisa dilihat dari situs resmi Pemprov DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan 34 kasus dibandingkan jumlah kasus hari sebelumnya sebanyak 3.798 kasus di Jakarta. Sedangkan jumlah kasus sembuh sebanyak 338 kasus dan meninggal 375 kasus. Kasus yang masih dirawat berjumlah 1.950 kasus dan isolasi mandiri 1.169 kasus.

Dilansir dari news.detik, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pemerintah akan melakukan antisipasi Covid-19 hingga bulan Desember 2020. Hal itu mengingat cuti Lebaran dan hari raya dipindah pada akhir tahun.

“Begini, kalau mudik Lebaran itu tentu sampai Lebaran. Lalu nanti situasinya kalau perkembangan yang menghendaki pergerakan orang dan barang dibatasi, itu bisa diperpanjang. Karena kalau antisipasi pemerintah kan begini, cuti Lebaran, cuti hari raya, ini kan ditiadakan, nanti dipindahkan ke Desember,” kata Mahfud dalam siaran langsung di YouTube BNPB, Sabtu (25/4/2020).

“Itu artinya antisipasi kita sampai Desember meskipun dalam prediksi Juli sudah akan selesai (Corona), tetapi kita mengantisipasi itu sampai Desember,” Menurut Mahfud, perpanjangan PSBB mungkin saja diperpanjang hingga situasi aman dan kondusif.

“Dan akan selalu bisa diperpanjang seperti PSBB Jakarta, itu diperpanjang nanti kalau pada saat habis perpanjang masih perlu diperpanjang ya diperpanjang lagi, sampai ada pada titik minimal untuk dikatakan aman,” ujarnya.