//KENDALA GURU SD DI TENGAH WABAH COVID-19

KENDALA GURU SD DI TENGAH WABAH COVID-19

SDN Kendangsari 1 – Surabaya

KAMIS 29-APRIL 2020 JAM 18.00, tim aktual.co.id melakukan interview dengan Ibu Siti Rochana Guru SD Negeri KENDANGSARI 1/276 kota Surabaya. Sehari-hari ibu Siti Rochana berangkat pada pukul 06.00 dari rumah dan pulang pada pukul 14.00 waktu setempat. Ibu Siti Rochana yang akrab di panggil bu Siti mengajar di kelas 2. Untuk kelas 2 sendiri memang terbilang susah-susah gampang kata bu Siti. Sehingga setelah berjalannya kurang lebih hampir 1 bulan, anak-anak kelas 2 sudah mulai terbiasa belajar daring dengan dibantu orang tua mereka. Disamping itu tanggapan tenaga pengajar tentang Covid-19 ini, pada awalnya tidak ada masalah, karena materi pelajaran tetap tersampaikan dan melakukan kegiatan mengajar seperti biasanya. Tapi setelah tahu bahwa covid 19 berlangsung sampai saat ini akhirnya jadi masalah bagi semua guru, siswa, dan juga para orang tua. karena banyaknya kendala yang dihadapi, misalnya di pagi hari harus WFH foto geotech sebagai absen kehadiran dan siang sebagai absen pulang, harus melaporkan tugas siswa sehari-hari yang berupa foto, video, hasil daring.

Disamping itu, Covid-19 ini, memiliki dampak yang begitu besar untuk Guru terutama Guru SD, yang banyak mengalami beberapa kendala dalam mengajar diantaranya, penyampaian materi tidak maksimal, terbatasnya penggunaan atau pemahaman tentang aplikasi pembelajaran, terbatasnya sarana prasarana IT seperti Hp yang tidak semua siswa diberi fasilitas Hp oleh orang tua. Lalu, keberatan karena terbatasnya kuota internet yang dimiliki sehingga masih ada siswa yang tidak mengirimkan tugasnya. Sehingga sering kali, Guru SD sulit menyampaikan sebuah materi, apalagi untuk seumuran anak SD yang masih belum semua memahami IT. Sehingga materi yang disampaikan oleh Ibu Siti Rochana dan guru-guru lainnya melalui Materi pembelajaran tetap disampaikan yaitu melalui video call, WA, dan program televisi seperti TVRI. Setiap jam 08.30-09.00 pemerintah menyiapkan program televisi di TVRI sehingga anak-anak bisa menyaksikan program belajar sesusai dengan kelas masing-masing.

Jadwal Siaran TVRI, Belajar di Rumah

Pesan yang disampaikan Ibu Siti, yaitu “kita harus tetap semangat dan sabar dalam menjalankan tugas kita, walaupun jarak jauh, dan jangan bosan-bosan untuk tetap memberikan yang terbaik buat anak didik kita, agar tidak patah semangat. Adapun pesan buat para orang tua mari kita bekerja sama untuk mendukung putra putri kita agar menjadi anak bangsa yang berpotensi tak lupa agar covid 19 cepat berlalu mari kita taati aturan pemerintah dengan PSBB dan selalu menjaga kebersihan dan lingkungan tetap semangat semoga covid 19 cepat berlalu.”

Foto Ibu Siti Rochana

(JNT)