//Olahraga Di Rumah Selama Pandemi, Gimana Caranya Ya?

Olahraga Di Rumah Selama Pandemi, Gimana Caranya Ya?


Selama quarantine ini, pasti badan lebih sering rebahan daripada beraktifitas. Padahal menjaga kesehatan adalah salah satu fokus utama di masa pandemi ini lho, salah satunya dengan olahraga! Kalo kata peribahasa sih, Mens sana in corpore sano, yang artinya “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Penting banget yang namanya olahraga buat dapetin tubuh yang sehat, dan jiwa yang kuat!

Tapi apa harus kita ngeluarin uang banyak buat olahraga? Butuh modal nggak buat badan dan hidup sehat? Apalagi sekarang ada kebijakan social distancing, gak bisa ke gym.. jogging track.. Eits, sans dulu! Ada beberapa kegiatan olahraga yang bisa dilakukan tanpa ngeluarin uang SEPESER PUN!

1. Jalan jalan sekitar rumah

 

Paling gampang, paling simple, dan paling nggak ngeluarin uang sama sekali! Kamu cuma butuh badan dan niat aja. Jangan salah ya, walaupun nggak bisa ke jogging track, tapi kamu tetep bisa jogging kecil kecilan di halaman rumah sambil berjemur matahari.

2. Yoga


Olahraga yang sekaligus membuat badan kita rileks. Yoga! Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Walaupun lebih bagus kalo ikut kelas yoga dengan bantuan instruktur, tapi buku buku dan video video mengenai yoga juga udah banyak kok. Tapi tetep inget ya, semua butuh proses, dan buat kalian yang baru pertama kali mau coba yoga, pastikan video atau buku yang kalian tiru memang untuk pemula ya! Selain itu juga jangan memaksakan diri, walaupun niat kalian sebegitu besar nya untuk sehat lewat yoga, jangan lupa untul lakukan apa yang tetap membuat kalian nyaman dan nggak sakit, bisa bisa malah cedera saking niatnya.

3.Skipping

Skipping atau lompat tali emang masih butuh modal, yaitu tali nya. Tapi olahraga ini tetep tergolong murah dan malah menyenangkan lho. Harga tali nya bisa dibeli dengan harga Rp.30 ribu an dan sembari skipping, kamu bisa sambil nonton film atau drama korea kesukaan deh. Menyenangkan kan? Walaupun terlihat sepele, tapi jangan salah! Dalam 2 menit melakukan skipping ada 111 kalori yang terbakar dalam tubuh kita. See? Olahraga ini memang praktis banget deh!

4.Bersih Bersih Rumah


Iya, kamu ga salah baca kok. Bersih bersih rumah menjadi salah satu alternatif olahraga yang produktif dan juga menyehatkan. Nggak nyangka ya? Untuk ukuran rumah minimalis rata rata, menyapu dan membersihkan ruangan di rumah bisa membakar 123 kalori. Sedangkan aktivitas mengelap debu di lemari, sofa, kaca, dan sebagainya bisa membakar 127 kalori. Apalagi kalo ditambah mencuci baju, menjemur, setrika, waah sehat bin kurus deh lama lama!