//“pentingnya digital marketing untuk UMKM di tengah wabah covid-19”

“pentingnya digital marketing untuk UMKM di tengah wabah covid-19”

  1. Era digital sudah tiba segala sesuatu dari sosial, makanan hingga bisnis pun beralih ke digital. Pelaku usaha harus pandai bermain media sosial biar dilirik kaum milennial. Dalam mengembangkan usaha, banyak juga aspek penting yang perlu diperhatikan agar usaha bisa terus berkembang termasuk hal-hal yang kesannya kecil dan sepele, tapi krusial banyak pelaku usaha yang sering mengabaikan hal-hal kecil tersebut. Seperti hal nya saat ini telah terjadi wabah virus covid-19 yang mana mereka terpaksa untuk beralih ke layanan secara online / daring dan terus menawarkan pengalaman usaha terbaik kepada customer melalui saluran yang berbeda. UMKM juga harus mempersiapkan diri untuk menjalankan bisnis jika pandemic corona berakhir. Dengan demikian mereka dapat langsung mengembangkan bisnis mereka tanpa harus menunggu waktu untuk perbaikan ekonomi global, dari data yang adaperkembangan ekonomi digital di Indonesia sangat impresif. Laporan East Ventures Digital Competitiveness Index (EVDCI) menyebutkan bahwa  nilai pasar ekonomi digital Indonesia telah menembus 40 miliar dolar AS pada 2019 dan diproyeksikan mencapai 133 miliiar dolar AS pada 2025. Laporan EV-DCI menunjukkan bahwa ekonomi digital yang saat ini tumbuh pesat, hanyalah sebagian kecil dari potensi Indonesia. Namun pertumbuhan bakal makin melesat jika Indonesia bisa menanggulangi beberapa kendala yang dihadapi seperti keterbatasan talenta digital, pelaku usaha yang enggan menggunakan produk digital, hingga akses atas layanan finansial yang rendah. Dari data yang disajikan oleh EVDCI, para pemangku kepentingan dan sektor publik dan sektor swasta bisa saling membandingkan tingkat pemanfaatan teknologi digital di wilayah masing-masing. Berikut strategi penjualan efektif untuk umkm tetap berjalan :  

    Buat promosi penjualan dengan tepat

    Jika usaha Anda dapat mengembangkan promosi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan customer di tengah krisis Virus Corona ini, dengan sendirinya, customer akan datang sendiri kepada usaha Anda.

    Cara dan strategi kreatif

    Dengan membuat customer tetap melihat carausaha mempresentasikan produk UKM Anda entah melalui video yang sedih, lucu atau unik, melalui meme yang lucu, melalui email yang menarik dan berbagai cara lainnya.