//Stress Dapat Memicu Turunnya Imun

Stress Dapat Memicu Turunnya Imun

 

pexels.com/energepic.com

Virus Corona SARS-CoV-2 atau lebih sering disebut sebagai COVID-19 merupakan pandemi yang saat ini menjangkiti hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Saat ini Anda dan kita semua yang ada di Indonesia, sedang melakukan proses karantina di rumah masing-masing , demi menghindarkan interaksi antar manusia sehingga dapat
mengurangi proses penyebaran virus Corona tersebut.

Masa karantina disaat pandemi COVID-19 ini dapat memicu stres yang tidak disadari. Rasa bosan dan kecemasan berlebihan dapat memicu stress pada diri Anda. Pada masa pandemi saat ini Anda diharapkan untuk dapat menjaga  imunitas tubuh sehingga mengurangsi resiko fatal yang dapat terjadi bila tertular virus corona, lho!

Sementara itu jika Anda merasa tertekan sehingga menimbulkan stres, tubuh Anda akan melepaskan bahan kimia dan hormon seperti adrenalin sebagai respon terhadap stres, sehingga akan meningkatkan denyut nadi dan laju pernapasan. Tubuh kemudian akan mendapat lebih banyak oksigen. Hal ini merupakan hal yang normal jika terjadi sesekali, karena kekebalan tubuh mendapat dorongan singkat. Namun jika terjadi stres terus menerus, tubuh Anda akan mendapat sinyal bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak normal.

Hal tersebut dapat mengurangi kekebalan tubuh karena sistem tersebut terlalu banyak bekerja dan lelah selama Anda mengalami stres. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan lebih rentan terkena virus dan penyakit. Dalam jangka panjang, stres dapat menigkat menjadi depresi dan kemudian mengarah kepada tingkat peradangan yang lebih tinggi.

Selama masa pandemi ini belum berakhir, Anda diharapkan dapat menjaga kekebalan tubuh sebaik mungkin dengan menghindari stres yang berlebihan. Lakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan selama masa karantina Anda. Jika Anda beruntung dapat berkumpul bersama keluarga selama masa karantina ini, berinteraksi seintens mungkin dapat menurunkan stres yang Anda rasakan. Namun, jika Anda terjebak pada situasi jauh dari keluarga, bermeditasi
dapat menjadi kegiatan untuk mencegah stres pada tubuh Anda.

Jaga pikiran Anda untuk tetap tenang selama masa pandemi ini, karena semua akan
segera berlalu. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan dan makan makanan bergizi. Stay health!