//Tips Ciamik ala Anak Indekos Tetap Produktif Selama PSBB

Tips Ciamik ala Anak Indekos Tetap Produktif Selama PSBB

Tetap Produktif Selama PSBB.(Foto: Dokumentasi pribadi/Nursha Dwi)

Hampir satu bulan kita menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai salah satu upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Banyak perusahaan yang membuat kebijakan untuk bekerja dari rumah. Tak terkecuali bagi sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Sebagian besar meliburkan para siswa dan mahasiswanya.

Suka tidak suka, harus berdiam di tempat tinggal sekarang dalam jangka waktu yang belum ditentukan. Tak terkecuali yang ‘berstatus’ sebagai anak  indekos. Sebagian orang beruntung karena dapat bersembunyi di dalam rumah. Namun, sebagian orang mengalami nasib yang berbeda. Terlebih seorang anak indekos yang harus menghabiskan waktu selama beberapa hari di dalam kos sendirian dengan fasilitas seadanya. Hari-hari bisa jadi terasa seperti neraka.

Salah satunya adalah Ngainun, seorang mahasiswi rantau yang sedang menimba ilmu di Universitas Islam Kadiri. Memutuskan untuk tetap jauh, berjauhan sejenak  bertahan di kosnya yang berlokasi di Kota Kediri. Seorang mahasiswi yang sekarang menginjak semester enam ini memilih tidak pulang ke kampung halaman yang berada di Nganjuk. Karena Ngainun menyadari ia sedang tinggal di daerah yang sudah ada kasus positif Covid-19. Wabah seperti ini tidak bisa disepelekan bisa jadi virus yang menempel tanpa permisi di tubuh  juga akan berdampak kepada keluarga di kampung maka dari itu menerapkan physial distancing adalah pilihan yang tepat.

“Pulang takut tak pulang rindu,” ujar Ngainun panggilan akrab Nunun kepada reporter, pada Minggu (19/4).

Kabar baiknya, Nunun selalu ada cara untuk menyiasati keterbatasan. Tinggal di kos tidak menutup kemungkinan untuk tetap produktif. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat menghabiskan waktu selama PSBB. Nunun akan berbagi tips ciamik yang bisa dilakukan #DariKosanSaja.

  1. Mengasah Skill Memasak

Selama PSBB memanfaatkan waktu untuk meningkatkan skill memasak merupakan ide yang bagus. Terlebih banyak warung yang tutup akibat pandemi Covid-19.  Ada banyak resep-resep yang bisa dipelajari secara online seperti gabung grup memasak di media sosial, nonton YouTube dan lain sebagainnya. Dengan menyiapkan masakan sendiri mengurangi rasa bosan selama melakukan physial  distancing!

“Ya kalau biasanya aku lagi gabut aku suka masak, kemarin nyoba bikin dalgona coffee tapi gagal hehe,” tutur Nunun.

  1. Videocall WhatsApp

Tips ciamik selanjutnya ialah video call. Menjadi salah satu obat rindu yang sedang trend saat ini. Mengabari teman, kerabat, serta keluarga dari jauh sangat menenangkan hati, itulah yang dirasakan oleh Nunun anak indekos yang tetap stay di dalam di kota orang. Nunun selalu menyempatkan untuk mengabari keluarga, berbagi cerita dan semua aktivitasnya dilakukan by phone.

“Aku kalau rindu keluarga ya aku tinggal video call saja. Alhamdulillah di rumah orang tua bersama adik, jadi yang megang handphone ya si adik lalu dikasihkan ke ortu kalau pas aku telfon,” tuturnya.

  1. Bisnis Online shop

Saat menjadi mahasiswa jadwal belajar tak sepadat ketika berada di bangku sekolah. Mengisi waktu luang dengan menghasilkan uang  tentu sangat bermanfaat, salah satunya dengan menjalankan bisnis online shop. Tanpa uang hanya bermodal handphone untuk berkomunikasi. Bisnis online shop menjadi daya tarik untuk kerja sampingan, untuk tetap produkdif selama PSBB yang dilakukan Nunun seorang mahasiswi yang  mencari uang tambahan melalui  online shop.

“Ya kalau aku lagi gabut kegiatanku selain memasak aku online shop sih, Alhamdulillah sih saat ini kan semuanya serba online juga jadi ya aku memanfaatkan peluang lumayan buat tambahan jajan hehe,” tukasnya.