//Upaya Cegah Corona, Wastafel Dadakan di Tiap Rumah
Upaya Cegah Corona, Wastafel Dadakan di Tiap Rumah

Upaya Cegah Corona, Wastafel Dadakan di Tiap Rumah

Salah satu wastafel dari ember cat bekas yang dipasang di depan rumah warga (9/4/2020)
SURABAYA – Upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) terus dilakukan masyarakat. Beberapa kampung di Kota Surabaya mulai menyediakan wastafel yang dapat digunakan masyarakat untuk mencuci tangan, Kamis (9/4).

Langkah tersebut disambut gembira warga. Pasalnya, kehadiran wastafel tersebut, menjadi salah satu solusi mencegah penyebaran virus corona covid-19 yang menjadi pendemi mematikan di dunia sekaligus warga bisa membiasakan hidup bersih dan sehat. Tempat cuci tangan yang terbuat dari ember bekas cat yang diberi keran air ini, diletakkan di depan rumah warga masing masing dan juga dilengkapi dengan sabun cuci tangan.

Keberadaan wastafel sengaja dipasang persis di depan rumah, agar warga terbiasa mencuci tangan, kaki dan wajah. Baik saat pergi maupun pulang beraktivitas. Sejak virus corona covid-19 dari Tiongkok menyebar ke sejumlah negara, dan kini menadi pendemi mematikan di dunia. Warga semakin resah dan takut. Namun, dengan kehadiran wastafel di setiap rumah, resah takut warga terobati.

Upaya Cegah Corona, Wastafel Dadakan di Tiap Rumah

Menurut Suyono, ia bersama warga setempat secara bergotong-royong membuat dan memasang wastafel. Hal itu dilakukan guna menangkal adanya virus corona. Warga berkeyakinan dengan pola hidup besih dan sehat bisa terhindar dari berbagai bahaya virus terutama virus corona yang sedang mewabah. Serta mengingat pentingnya kebersihan untuk memutus mata rantai virus corona yang mematikan.

“Orang yang lewat atau masuk kampung ini juga bisa cuci tangan di wastafel pakai sabun biar higienis, ya untuk mengurangi resiko kena virus corona,” kata Suyono. Membersihkan tangan dari bakteri dan kotoran menggunakan sabun dengan air mengalir, lebih baik dibandingkan hand sanitizer. Sebab sabun tidak menggunakan bahan kimia sehingga aman untuk kulit tangan.

Di samping itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara berkala di beberapa kampung untuk pencegahan virus Covid-19. Dengan adanya satu wastafel di setiap rumah, warga diminta untuk menjaga diri dengan selalu membudayakan hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan dan kaki yang benar, agar terhindar dari serangan virus corona, yang menewaskan hampir lima ribu orang. (BFA)