//Yuk, Intip 7 Gerakan Olahraga Selama Di Rumah Saja!

Yuk, Intip 7 Gerakan Olahraga Selama Di Rumah Saja!

 

Sumber foto : pexels.com/AlexyAlmond

Work from home atau school from home selama masa pandemi ini bukan berarti Anda bermalas-malasan, lho! Sebuah penelitian menjelaskan bahwa jika Anda tidak berolahraga selama satu bulan, maka tubuh Anda akan mengalami metabolisme yang lambat dan akhirnya berdampak kepada gangguan kesehatan tubuh yang lainnya. Maka dari itu, Anda dapat melakukan gerakan-gerakan di bawah ini yang mudah dan dapat dilakukan di rumah saja.

Berikut gerakan-gerakannya!
1. Push Up

Push up adalah salah satu gerakan awam yang bisa dilakukan di rumah dan minim biaya. Tapi, Anda harus memperhatikan gerakannya agar tidakĀ  menimbulkan cidera, ya! Untuk pemula, bisa dimulai dengan push up di dinding yang datar dan letakkan kedua telapak tangan Anda di depan dinding dan bengkokkan lengan Anda dengan memajukan badan ke depan dinding. Jika sudah mahir, Anda dapat mencobanya di lantai dengan lutut sebagai tumpuannya lalu ditingkatkan ke posisi push up sempurna.

2. Squat
Gerakan squat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan bentuk paha, betis, pinggul yang sempurna dan kencang. Meski terlihat sederhana, squat memiliki manfaat yang banyak seperti pencegahan cidera, meningkatkan sirkulasi, dan keseimbangan tubuh. Ketika Anda ingin memulainya, pastikan permukaan yang digunakan dan posisi punggung rata, lalu posisi jongkok 90 derajat.

3. The Dead Bug
Gerakan ini dimulai dengan posisi tubuh berbaring dengan kaki menekuk 90 derajat dan tangan tegak lurus ke arah atas. Lalu, yang Anda perlu perhatikan adalah perut untuk selalu mengunci dan menekan ke dalam. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Burpee
Olahraga burpees atau yang biasa disebut squat thrust adalah salah satu olahraga yang simpel namun dapat memangkas kalori lebih banyak. Gerakan-gerakannya terdiri dari berdiri-jongkok-push up dan begitu seterusnya. Walau kelihatannya berat, namun burpee sangat baik untuk kesehatan jantung dan tulang belakang serta dapat memperbaiki fungsi paru-paru.

5. Lunges
Lunges merupakan gerakan berdiri rendah dengan membuat jarak antara kaki kanan dan kiri. Ketika melakukan gerakan ini, usahakan posisi tubuh atas tetap tegak untuk menahan keseimbangan tubuh. Gerakan ini menyasar tubuh bagian bawah untuk lebih kencang. Anda dapat menambahkan beban seperti dumbel atau botol air mineral yang telah diisi air sebagai pengganti dan lakukan gerakan melangkah maju hingga tubuh menjadi rendah.

6. Box Jump
Latihan box jump berfokus pada kekuatan dan sedikit lebih ekstra karena membutuhkan alat tambahan seperti namanya, yaitu box. Pastikan yang Anda gunakan adalah bangku yang kokoh, atau permukaan yang kokoh lainnya. Anda harus memastikan kotak yang dipakai merupakan kotak yang tidak licin atau terjatuh karena sangat membahayakan tubuh Anda. Gerakan ini merupakan olahraga yang berat untuk pemula, namun banyak manfaatnya lho!

7. Plank
Gerakan plank adalah salah satu gerakan yang mudah dilakukan untuk Anda yang ingin melatih otot khususnya otot perut. Posisi yang tepat seperti perut menghadap lantai dan kaki lurus ke belakang tubuh serta tangan dalam posisi lengan lurus dengan tangan diletakkan di bawah sejajar dengan bahu penting untuk diperhatikan. Selain itu, waktu yang direkomendasikan oleh para ahli dalam berlatih plank untuk pemula adalah 30 detik. Contoh gerakan di atas dapat Anda coba di rumah dengan rutin selama pandemi ini, ya! Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan dan istirahat yang cukup agar imunitas tubuh bertambah.