//PGRI Kawal New Normal di Dunia Pendidikan Pasca Wabah Covid-19
PGRI Kawal New Normal di Dunia Pendidikan Pasca Wabah Covid-19

PGRI Kawal New Normal di Dunia Pendidikan Pasca Wabah Covid-19

JawaPos.com – Pemerintah mewacanakan penerapan new normal atau normal baru setelah wabah Covid-19 bisa dijinakkan. Kehidupan normal baru itu bakal dijalankan di lintas sektor. Tidak terkecuali juga di sektor pendidikan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) siap mengawal penerapan kehidupan normal yang baru, khususnya di dunia pendidikan.

Komitmen dukungan terhadap pelaksanaan normal baru itu disampaikan langsung Ketua Umu PGRI Unifah Rosyidi Kamis (21/5). ’’PGRI terus berkomitmen untuk mengawal transformasi kehidupan new normal pendidikan pasca Covid-19,’’ katanya. Dia menjelaskan di tengah wabah Covid-19, refleksi yang bisa dipetik adalah peran guru tetap tidak akan tergantikan oleh teknologi. Khususnya peran guru untuk pendidikan karakter siswa.

Meskipun begitu Unifah menjelaskan guru yang tidak mengakrabkan diri dengan teknologi, akan mudah tergantikan. Menurutnya kehidupan yang terjadi di masa pandemi sekarang ini, menjadi dasar bahwa kehadiran sosok guru di depan kelas sangat penting.

Selain itu Unifah mengatakan kerjasama antara guru dan orang tua, serta pemerintah sangat penting. Supaya Indonesia dapat keluar dari kesulitan ini. ’’Kemudian bangkit menuju kejayaan,’’ jelas perempuan yang juga guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu.

Unifah juga menjelaskan wabah Covid-19 ini harus menjadi refleksi bagi pemerintah pusat dan daerah. Menurutnya pemerintah harus lebih memperhatikan pembangunan dan perluasan infraskturktur listrik dan teknologi internet. Sehingga bisa menjangkau seluruh pelosok nusantara. Di tengah pembelajaran dari rumah yang berbasis online seperti sekarang, ada sebagian masyarakat yang kesulitan akses internet bahkan listrik.

Dia juga berharap pemerintah memaksimalkan peran PGRI sebagai organisasi profesi dan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam meningkatkan kompetensi para guru di seluruh Indonesia. ’’PGRI sebagai organisasi profesi guru akan terus berkomitmen meningkatkan kompetensi para pendidik melalui berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan,’’ tuturnya.

Unifah juga mengatakan bangsa Indonesia baru saja memeringati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei lalu. Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasonal, para guru harus meneguhkan semangat sebagai pembelajar sepanjang hayat. Kemudian guru yang berkreasi, inovatif, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Sehingga guru bisa mengantarkan murid untuk cinta ilmu pengetahuan dan memiliki jiwa gotong royong.

Saksikan video menarik berikut ini: