//Jurnal Prodi HI Amikom Terakreditasi Nasional

Jurnal Prodi HI Amikom Terakreditasi Nasional

Jurnal Prodi HI Amikom sudah menanti panjang akreditasi nasional sejak 2018

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Setelah penantian yang panjang sejak 2018, Jurnal Prodi Hubungan Internasional, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta telah terakreditasi nasional. Jurnal terakreditasi peringkat 4 (Sinta 4).

Ini dinyatakan berdasarkan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I 2020. Serta, diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 85/M/KPT/2020, tanggal 01 April 2020.

Editor in Chief (Nation State: Journal of International Studies) NSJIS, Rezki Satris mengaku bersyukur atas hasil yang telah didapatkan. Ia berharap, ke depannya bisa meningkat menuju yang lebih baik.

“Selaku pengelola Jurnal NSJIS tentu tidak mungkin bisa mendapatkan hasil seperti ini tanpa bantuan dari banyak pihak, terima kasih kepada seluruh civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta,” kata Rezki, Jumat (29/5).

Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Tahajudin Sudibyo, menyampaikan rasa bahagianya atas kerja keras tim pengurus jurnal selama ini. Yang jelas, tidak sia-sia dan telah membuahkan hasil yang luar biasa.

Ia berharap, ini dapat menginspirasi dan memotivasi pengurus jurnal prodi lainnya. Menurut Tahajudin, akreditasi jurnal semacam ini terjadi pertama kali dan sekaligus jadi catatan historis di Universitas Amikom Yogyakarta.

“Semoga ke depan jurnal kita menjadi semakin bermanfaat sebagai wadah pengembangan publikasi ilmiah dalam bidang Hubungan Internasional,” ujar Tahajudin.

Nation State: Journal of International Studies merupakan salah satu jurnal di bidang sosial politik di bawah Prodi HI. Berkolaborasi dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII).

Tujuannya, memfasilitasi para ilmuwan dan peneliti dalam mengembangkan ide dan gagasan bidang hubungan internasional. Adapun scope jurnal terdiri dari ekopol globak, diplomasi dan kebijakan luar negeri, globalisasi dan keamanan internasional.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial, Emha Taufiq Luthfi menambahkan, di FES Amikom saat ini terdapat tiga jurnal yang didorong untuk memperoleh Sinta. Ada NSJIS yang dikelola Program Studi Hubungan Internasional.

Kedua, Journal Social Politics and Government (JSPG) Prodi Ilmu Pemerintahan bersama Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan (KAPSIPI). Ketiga Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema (PIKMA) dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

“Keberadaan jurnal-jurnal ini ke depan semuanya ditargetkan terakreditasi sebagai wadah atau media kolaborasi ilmiah civitas akademik Fakultas Ekonomi Sosial Universitas Amikom dengan civitas akademik perguruan tinggi lain,” kata Emha.