//Sekolah Buka di Zona Kuning-Oranye, Siswa Wajib Bawa Surat Izin Ortu
Sekolah Buka di Zona Kuning-Oranye, Siswa Wajib Bawa Surat Izin Ortu

Sekolah Buka di Zona Kuning-Oranye, Siswa Wajib Bawa Surat Izin Ortu

JawaPos.com – Uji coba pembukaan SMA dan SMK di Jatim tinggal empat hari lagi. Beberapa sekolah yang berada di zona kuning dan oranye mulai siap-siap. Meski demikian, penentunya adalah orang tua siswa.

Pihak sekolah tidak boleh memaksa siswa kembali ke sekolah jika orang tua tidak mengizinkan.

Persiapan pembukaan SMA dan SMK kemarin tampak di beberapa daerah. Di Mojokerto, ada enam sekolah yang akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Meliputi jenjang SMA, SMK, dan sekolah luar biasa (SLB). Salah satunya adalah SMAN 1 Kota Mojokerto. ’’Kami sudah bentuk Satgas Covid-19 dengan Wakasek kesiswaan sebagai penanggungjawabnya,’’ terang Kepala SMAN 1 Kota Mojokerto Imam Wahjudi kepada Jawa Pos Radar Mojokerto.

Satgas Covid-19 bertugas memastikan protokol kesehatan diterapkan sebelum siswa masuk ke lingkungan sekolah. Misalnya, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal gun. Siswa juga diminta membawa surat pernyataan dari orang tua. Isinya tentang pernyataan tidak berkeberatan jika anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka.

Baca juga: SMA-SMK di Jatim Uji Coba Masuk Sekolah 18–31 Agustus

Dengan demikian, keikutsertaan peserta didik dalam uji coba pembelajaran tatap muka itu bersifat sukarela.’’Kalau ada orang tua yang masih khawatir, kami tidak memaksa. Tidak hadir juga tidak masalah, kami tidak memberi sanksi apa-apa,’’ ujarnya.