//KKN Tematik Fokus Edukasi Pencegahan Covid-19
KKN Tematik Fokus Edukasi Pencegahan Covid-19

KKN Tematik Fokus Edukasi Pencegahan Covid-19

5.600 mahasiswa dari 200 kampus akan berpartisipasi dalam program KKN tematik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan buku panduan untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, program KKN tematik ini akan berfokus kepada edukasi masyarakat mengenai pencegahan Covid-19.

“Fokus utamanya adalah melakukan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru. Sekaligus aktualisasi kebijakan merdeka belajar,” kata Nadiem, dalam telekonferensi, Rabu (28/10).

Kemendikbud berkolaborasi dengan Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjalankan program ini. Nantinya, akan ada lebih dari 5.600 mahasiswa dari lebih dari 200 perguruan tinggi berpartisipasi dalam program ini.

Sejak April, Nadiem menjelaskan tak kurang dari 15 ribu mahasiswa terjun sebagai relawan untuk mitigasi pandemi. Inisiatif gotong royong ini juga ditunjukkan dengan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis.

“Dimana mereka membantu pembelajaran murid-murid SD serta program-program kuliah kerja nyata tematik yang telah berjalan sejak Juni 2020,” kata dia lagi.

Lebih lanjut, Nadiem berharap dengan adanya buku panduan ini, dapat menginspirasi banyak orang khususnya generasi muda. Sebab, generasi muda perlu terus memberikan kontribusi konkrit kepada masyarakat.

“Saya bangga dengan kerelawanan mahasiswa. Kalian adalah contoh pemimpin dan generasi unggul harapan bangsa,” kata Nadiem.