//Mendikbud Nadiem Makarim Luncurkan Buku Panduan Khusus KKN Tematik
Mendikbud Nadiem Makarim Luncurkan Buku Panduan Khusus KKN Tematik

Mendikbud Nadiem Makarim Luncurkan Buku Panduan Khusus KKN Tematik

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan program Kampus Merdeka mengarahkan kampus untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Dalam hal ini, Kemendikbud juga telah menyediakan buku panduan khusus.

’’Praktik baik implementasi KKN Tematik, tertuang dalam buku yang diluncurkan pada hari Sumpah Pemuda ini,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim dalam webinar Anak Muda Bawa Perubahan, Rabu (28/10).

Harapannya, dengan buku panduan itu, para generasi muda khususnya mahasiswa dapat terinspirasi untuk memberikan kontribusi dan perubahan positif pada bangsa dan negara.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, program KKN mahasiswa menjadi bentuk nyata kepedulian mereka. Di mana ini juga menjadi alat pendorong empati di dalam dunia perguruan tinggi.

’’KKN menguatkan empati kesetiaankawanan sosial, sekaligus kemampuan untuk memahami dalam memberikan solusi permasalahan sosial,’’ jelas dia.

Dalam melangsungkan kegiatan KKN Tematik, Kemendikbud telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Terdapat 5.600 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi di tanah air yang terlibat dalam kolaborasi tersebut.

’’Fokus utamanya adalah melakukan edukasi ke masyarakat untuk mengadaptasi kebiasaan baru. Sekaligus aktualisasi merdeka belajar,’’ ujarnya. ’’Saya mengapresiasi inisiatif dan semangat perguruan tinggi yang melakukan pengabdian untuk membantu masyarakat, bangsa dan negara, dengan karya yang nyata tidak sekedar wacana. Selamat berjuang mengabdi untuk ibu pertiwi, mengabdi untuk negeri,’’ sambung dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: