//Nadiem Bangga Perguruan Tinggi Tidak Kendurkan Inovasi Selama Pandemi
Nadiem Bangga Perguruan Tinggi Tidak Kendurkan Inovasi Selama Pandemi

Nadiem Bangga Perguruan Tinggi Tidak Kendurkan Inovasi Selama Pandemi

JawaPos.com – Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sejak pembelajaran jarak jauh (PJJ) diimplementasikan di perguruan tinggi guna mencegah penyebaran virus Korona, kegiatan perkuliahan terus berinovasi. Dia pun mengaku bangga atas hal tersebut.

“Di samping pembelajaran secara daring, mahasiswa dan dosen tetap aktif melakukan penelitian dan pengembangan untuk mengatasi Covid-19. Sungguh luar biasa,” ucapnya dalam webinar Anak Muda Bawa Perubahan, Rabu (28/10).

Nadiem mengatakan, saat ini pengembangan yang telah dilakukan perguruan tinggi sudah lebih dari 1.000 inovasi. “Betapa haru dan bangganya bangsa akan kegigihan para mahasiswa dan dosen dalam melakukan aksi nyata gotong royong, saling membantu,” ucap dia.

Adapun, berbagai produk telah dihasilkan untuk menunjang pemeriksaan dan perawatan pasien Covid-19. Mulai dari alat rapid test, ventilator hingga vaksin yang pengerjaannya masih dalam proses.

“Baik rapid test RI-GHA Covid-19 yang saat ini telah diproduksi massal, robot untuk membantu menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan, serta berbagai ventilator hasil pengembangan di perguruan tinggi juga telah diproduksi,” terangnya.

Tak ketinggalan, para mahasiswa juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sejak bulan April tak kurang dari 15 ribu mahasiswa terjun sebagai relawan untuk memitigasi pandemi melalui program Recon, Relawan Covid Nasional.

“Inisiatif bergotong-royong juga ditunjukkan oleh ribuan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis. Di mana mereka membantu pembelajaran murid-murid SD serta program-program kuliah kerja nyata tematik yang telah berjalan sejak bulan Juni 2020,” tutup dia.