//Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021
Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021

Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021

JawaPos.com – Berdasarkan penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, pada semester kedua tahun ajaran 2020/2021, sekolah akan kembali melakukan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan.

Mengenai hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan pihaknya akan turut mendukung pelaksanaan serta edukasi protokol kesehatan di dalam lingkungan sekolah.

“Kemenkes sepenuhnya akan mendukung kebijakan ini, kami berkomitmen meningkatkan peran puskesmas, melakukan pengawasan dan pembinaan dalam penerapan protokol kesehatan,” jelasnya dalam telekonferensi pers, Jumat (20/11).

Ia meminta kepada semua warga pendidikan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan disiplin tinggi. Seiring dengan peningkatan pengendalian Covid-19.

“Agar kia sehat dan selamat dalam melewati pandemi Covid-19 ini. Di samping terus meningkatkan keseiapan fasilitas kesehatan dan pencegahan serta pengendalian Covid-19,” jelasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menambahkan, dalam SKB Empat Menteri ini sekolah perlu mempersiapkan ceklis atau daftar periksa yang diminta, seperti ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi dan kebersihan.

Kemudian mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki thermogun. Lalu, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang berpotensi menimbulkan penularan serta mendapatkan persetujuan orang tua atau wali.

“Tergantung kepada kesiapan masing-masing daerah sesuai evaluasi kepala daerahnya mengenai mana (sekolah) yang siap, mana yang tidak dan tentunya kesiapan sekolah masing-masing dalam menentukan dalam memenuhi semua checklist untuk melakukan tatap muka dan juga melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ucap dia.

Saksikan video menarik berikut ini: