//UMP Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru
UMP Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

UMP Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru UMP digelar tiga gelombang.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP  Yudha Febrianta, menyebutkan penerimaan mahasiswa baru (PMB) kali ini akan dilaksanakan dalam tiga gelombang.

”Gelombang pertama dibuka mulai dari November 2020-Maret 2021, gelombang dua April-Juni 2021, dan gelombang tiga pada Juli-Agustus 2021,” ucap dia, Jumat (20/11).

Dia menyebutkan, untuk calon mahasiswa yang mendaftar dan melakukan registrasi pada gelombang pertama, akan mendapat sejumlah fasilitas. Antara lain, yang mendaftar melalui jalur minat akan mendapat fasilitas bebas SPP semester pertama, pendaftar jalur prestasi bisa mendapatkan pembebasan 50 persen biaya sumbangan pembangunan, dan jalur organisasi bisa mendapat bebas SPP tetap semester pertama.

Yudha menjelaskan untuk persyaratan khusus jalur minat dan prestasi, cukup mengunggah hasil scan rapor semester satu sampai empat dan rekomendasi dari kepala sekolah, dan melampirkan bukti prestasi. Untuk jalur organisasi, selain mengupload scan rapor semester satu sampai empat, juga melampirkan surat keterangan aktif di organisasi.

Untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru, calon mahasiswa wajib melengkapi syarat pendaftaran di laman online UMP dan melakukan tes CBT atau Computer Based Test. ”CBT bisa dilakukan secara langsung di gedung penerimaan mahasiswa baru UMP atau secara mandiri melalui sistem online,” ucap dia.

Kepala Biro Humas dan Promosi Ira Hapsari, menambahkan, UMP saat ini sudah memiliki lebih dari 47 program studi (prodi). ”Sudah Banyak  yang terakreditasi A. Selain itu UMP juga memiliki 5 program profesi dan penyelenggara PPG,” kata dia.