//Tanggal 28 Mei 2021 Batas Akhir Pendaftaran BUD IPB
Tanggal 28 Mei 2021 Batas Akhir Pendaftaran BUD IPB

Tanggal 28 Mei 2021 Batas Akhir Pendaftaran BUD IPB

Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dilakukan online oleh penyandang dana.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — IPB University kembali  membuka jalur penerimaan mahasiswa dari Beasiswa Utusan Daerah (BUD). BUD adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana dan Sekolah Vokasi yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta. Lulusan jalur BUD nantinya kembali ke daerah untuk membangun daerahnya masing-masing.

Syarat awalnya, tentu harus ada komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga/yayasan (penyandang dana).

“Setiap tahunnya kami mengirimkan informasi tentang BUD dan cara pendaftaran kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga/yayasan yang sudah menjalin kerja  sama dengan IPB University. Berbeda dengan jalur lainnya, pendaftaran BUD dilakukan secara online oleh penyandang dana” ujar Dr Drajat Martianto, wakil rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Adapun syarat pelamar BUD adalah berumur tidak lebih dari 25 tahun, memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan BIologi selama lima semester pertama, sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.

“Tanggal pendaftaran  mulai 1 Februari hingga 28 Mei 2021. Proses seleksi dilaksanakan pertengahan Juni dan pengumuman hasil seleksi pada   20 Juni 2021 mendatang. Setelah diterima di IPB University, mahasiswa BUD wajib registrasi online pada 20 –27 Juni 2021 dan awal perkuliahan adalah 16 Agustus 2021,” imbuhnya.