//Mendikbud Sebut Selancar PAK Beri Kemudahan Kenaikan Jabatan Dosen
Mendikbud Sebut Selancar PAK Beri Kemudahan Kenaikan Jabatan Dosen

Mendikbud Sebut Selancar PAK Beri Kemudahan Kenaikan Jabatan Dosen

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) meluncurkan sistem Selancar PAK. Sistem ini dapat menunjukkan hasil kinerja dosen. Hal ini juga bisa sebagai tolak ukur perkembangan dosen untuk kenaikan jabatan.

Mendikbud Nadiem Makarim menuturkan, peningkatan kualitas mahasiswa, dosen, institusi, dan sistem pendidikan tinggi adalah tujuan dan cita-cita pihaknya melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Oleh karena itu, sistem ini diharapkan dapat menyemangati para pendidik untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

“Kenaikan jabatan akademik dosen didasarkan akumulasi angka kredit, yang diperoleh dari kerja mendidik mahasiswa dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya dalam Peluncuran Layanan Dikti Kemendikbud secara daring, Jumat (5/3).

Baca Juga: Mendikbud Harap Dana BOS Digunakan untuk Kebutuhan Kritis

Kata dia, kenaikan jabatan akademik merupakan hak setiap dosen yang telah menunjukkan kinerja, kemampuan, dan prestasi dalam melakukan tugas jabatan akademik yang disandang.

Salah satu alasan sistem ini diluncurkan adalah setelah mendengar keluhan dari para dosen yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi terkait proses pengusulan kenaikan pangkat atau jabatan akademik.