//Lebih dari 1.700 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN di UI Hari Ini
Lebih dari 1.700 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN di UI Hari Ini

Lebih dari 1.700 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN di UI Hari Ini

UI akan menerima 1.644 mahasiswa baru dari 64 program studi S1 Reguler.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2021 telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia pada Senin (12/4).

Universitas Indonesia (UI) UI akan menerima 1.644 mahasiswa baru dari 64 program studi S1 Reguler. UTBK pada pelaksanaan hari pertama ini diikuti oleh 1.708 peserta dengan rincian 953 peserta untuk sesi pertama dan 755 peserta untuk sesi kedua.

Tes yang menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini dilaksanakan di 74 PTN sebagai pelaksana Pusat UTBK di bawah koordinasi dan tanggung jawab Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pelaksanaan ujian dilakukan sebanyak dua gelombang, yaitu 12-18 April 2021 (gelombang pertama), dan 26 April-4 Mei 2021  (gelombang kedua). Adapun keterpenuhan yang memilih pusat UTBK UI dari total kapasitas adalah 97,2 persen yaitu 28.604 peserta.

Ketua Pusat UTBK UI bdul Haris yang juga merupakan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan, UI telah mempersiapkan 22 lokasi ujian. “Di setiap ruang ujian terdapat 2 petugas, yaitu pengawas dan teknisi ruang ujian (lab komputer).

Menurut dia, UI melakukan berbagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19, juga panduan dari panitia pusat. “Bagi peserta disabilitas (tuna daksa), pada saat pendaftaran peserta telah dialokasikan untuk berada di dua lokasi, yakni di Gedung Fakultas Ilmu Komputer Lama, dan Gedung Delapan Fakultas Ilmu Budaya dimana ruang ujian berada di lantai satu dan akses untuk disabilitas memadai.

“Penyelenggaraan tes untuk peserta disabilitas (tuna netra) akan dilaksanakan pada sesi ke tujuh pada hari kamis, 15 April. Tercatat, terdapat delapan peserta disabilitas tuna netra yang mendaftar untuk pelaksanaan UTBK di UI. Pada pelaksanaan ujian, UI akan menyiapkan petugas yang akan mendampingi dan perlengkapan ujian yang sudah diberikan oleh LTMPT,” ucap dia.